tahfidz qur'an

tadi abis liat berita di yahoo tentang sahabat saya syayma karimah yang berhasil masuk kedokteran UNS dengan jalur hafalan Al Qur'an 30 juz
sungguh bangga banget rasanya sebagai sahabatnya dan alumnus smait al kahfi :")

jadi kangen sama sahabat perjuangan angkatan 3 yang waktu bulan desember 2011 lagi berjuang keras menghafal alqur'an untuk ujian kelulusan

cerita saya pas ngafalin tahfidz
banyak banget, mulai ngafalin di tangga saudah,di saung empang, saung kelas, jalanan, koperasi, bukit bukit fatimah, aula fatimah, kamar, lorongfatimah, bahkan sampe di jemuran baju -_-
rasanya tuh detik detik menjelang ujian tahfidz tuh gak afdol kalo kemana mana gak bawa qur'an

sebenernya saya termasuk tipe agak nyantai pas ngafalin tahfidz dibanding anak anak lain. terutama dibanding anak anak yang smpnya alkahfi yang ngeharusin mereka lulus dari sini hafal 5 juz
alhamdulillah gue bukan smp alkahfi jadi syarat kelulusannya hanya 2 juz. tadinya ada niatan mau lulus dari sini hafal 3 juz. tapi sayang juz 28 waktu itu baru kesetor sampe surat al mujadilah.

waktu ujian tahfidz ada 7 hari kalo ga salah. jadi selama seminggu itu kita ga sekolah. cuma ujian tahfidz aja. dan untuk satu kali setor adalah 1 juz
dan saat itu saya kebagian sama bu mira sebagai guru penguji tahfidznya. dan saya kebagian hari rabu malem. pertengahan dalam seminggu. lumayan abis nyetor bisa joget joget libur sampe hari minggu.

waktu itu saya ngafalin di aula fathimah. bikin tenda disana. lemari bekas kaka kelas jaman dulu terus disusun membentuk ruangan 6x6 lantai dan ditengah2 gelar kasur.
kebetulan di aula itu ada tivi jadi kalo kalo wali asrama saya lagi gak ada disitu saya bisa nyalain tivi. 
eh pernah juga saya ketauan nyalain tv, terus tenda saya disuruh bubarin. huh!

udah rabu malem. saya udah janjian sama bu mira di masjid ba'da isya
udah isya selesai kira kira jam 8 lewat . saya turun dari asrama ke masjid, sebelumnya saya udah sungkeman sama anak anak seasrama "do'akan aku ya!"
nyampe masjid gue deg degan banget, takut afalan saya tibatiba nge-blank saking geroginya. untung di masjid ga rame jadi saya ga terganggu dengan keberisikan

mulailah saya tasmi' dari surat AnNaba-AnNas. alhamdulillah lancar~ ada yang salah sih dikit. saya tasmi juz 30 kira2 45 menitlah. terus saya bilang ke bu mira "bu, boleh lanjut langsung juz 29 gak?"
"ooh boleh banget, ayuk biar cepet selesai juga semua anak" huhu kirain gaboleh, soalnya udah jam 9 malem trus takut bu mira udah ngantuk
saya tasmi deh juz 29. lancar.. lancar.. agak tersendat.. lancar. kayanya orang yang ada di masjid yang lagi ngapalin dan beberapa yang lagi tasmi' juga terganggu dengan suara indah saya pas tasmi juz 29. soalnya saya kalo rada ngeblank pasti reflek suara saya tiba tiba kenceng soalnya sambil mikir (ngaruh?)

Alhamdulillah selesai sudah deh ujian tahfidz gue :) nilai saya lumayan baik. langsung deh cium tangan bu mira, dadah dadah sama orang masjid, melangkah ke asrama dengan langkah ringan hati gembira karena satu beban saya hilang dari pundak dan saya libur tanpa beban hari kamis- minggu. tinggal fokus UN dan SNMPTN aja :)

disambut dengan ucapan kaya gini nyampe asrama
"cieee, selamat ya sarrr!!" 
ada juga yang kaya gini
"ihh, kayanya gue ga pernah liat elu ngapalin, udah selese aja lu" ada juga yang minta do'a 
"sarr!! pokonya lu semangatin gue, do'ain gue biar kelar juga"
dan Alhamdulillah ujian tahfidz bisa mereka lewati juga dengan nilai yang memuaskan

temen temenku afalannya banyak. ada yang 5 juz, 10 juz, 15 juz, bahkan 30 juz

yang paling penting adalah: bagaimana hafalan kita bisa terjaga dan kita mengerti tiap makna dari yang kita hafal dan menerapkannya pada kehidupan kita
apa gunanya kita pernah menghafal banyak tapi kita tidak menjaganya, tidak mengamalkannya.
sesungguhnya menjaga hafalan lebih sulit dibandingkan saat baru pertama kali menghafal
ini tamparan juga buat saya. 


Sabda rasulullah s.a.w.:

"Daripada Abu Hurairah ra.daripada nabi s.a.w. baginda bersabda: "orang yang hafal Al Quran nanti pada hari kiamat nanti akan datang dan Al Quran akan berkata; "Wahai Tuhan ,pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru." Maka orang tersebut di berikan mahkota kehormatan. Al Quran berkata lagi:
"Wahai Tuhan tambahlah pakaiannya." Maka orang itu di beri pakaian kehormatannya. Al Quran lalu berkata lagi, "Wahai Tuhan, ridhailah dia." Maka kepadanya di katakan; "Bacalah dan naiklah." Dan untuk setiap ayat, ia di beri tambahan satu kebajikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi