Jelajah indonesia 1

akhirnya liburan 48 hari saya tidak terancam di rumah full aja :)
setelah jauh hari sebelumnya sudah berencana ke kota Tegal & Cirebon naik kereta tanggal 11 Januari gagal karena kaka saya yang tadinya akan menikah bulan April dipercepat jadi 18 Januari
jadi butuh persiapan ini - itu

awalnya saya berniat ke Semarang sendirian naik kereta, izin udah ditangan. tadinya shofa ikut tapi sayang dia berpulang ke kampung halamannya di Ternate pas udah mau mesen tiket, Jakarta banjir  keras dimana mana. dan ga dapet izin juga tiba tiba.

niat kedua mau ke Yogyakarta dateng ke resepsi nikah Nurul, ga dapet izin juga :(

tanggal 4 Februari kakak ngajakin ke Dieng, tapi berhubung cuaca ga memungkinkan ke Dieng karena bahaya musim hujan akhirnya ganti plan ke Pekalongan -  Tegal. udah bikin itinerary nya udah ngumpulin KTP buat mesen tiket. ternyata dapet kabar kalo Pekalongan banjir banget, jalan rusak dimana mana *pasrah aja 48 hari di rumah*

suami kakak gue kerja di Makassar, dapetlah ide tiba tiba ke Makassar sekalian nganter kaka gue nengok suaminya. gue seneng banget lah akhirnya list tempat impian jalan jalan gue kecontreng satu. Makassar soalnya salah satu tempat di Indonesia yang mau gue kunjungin. kali ini beneran pesen tiket ke Makassar. bisa dibilang ini liburan cewe cewe soalnya yang berangkat Ibu, Sinuk, Nana, Gue. sebelom hari H udah searching tempat mana dan oleh oleh apa.

ini adalah awal perjalananku ke luar pulau jawa, sulawesi selatan

08 Februari 2014

jam setengah 3 pagi bangun siap siap ke Bandara. jam setengah 4 naik taksi ke Bandara. berangkat pake pesawat Citilink. take off jam 06.20 lah kira kira nyampe Bandara Sultan Hasanuddin jam 09.30 WITA

nyampe bandara dijemput sama kaka ipar  langsung naik mobil Icon ke Pantai Tanjung Bira yang katanya bagus banget di kabupaten Bulukumba. dari kota Makassar kira kira jam 10 lewat berangkat ke bulukumba nya terus baru nyampe Bulukumba jam 15.30 perjalananya kurang lebih 5 jam lebih.

sebenernya kalo ga dipotong Sholat + makan sih 4 jam juga nyampe. yang gue suka dari perjalanan Makassar- Bulukumba adalah jalanannya mulus sekali kaya jalan tol. infrastrukturnya bagus trus pemandangannya bagus. kanan kirinya sawah sawah gitu masih pedesaan banget lah apalagi orang Jakarta yang norak kaya gue ngeliat banyak rumah panggung khas Sulawesi Selatan di sepanjang jalan.

perjalanan ini harus ngelewatin 5 Kabupaten: Gowa, Talakar, Jeneponto, Bantaeng lalu Bulukumba. nyampe Bulukumba pun kira2 30 menit sampe Tanjung Bira. sebenarnya gue sempet mabok perjalanan jauh itu, mungkin gara gara kelaperan kali haha akhirnya kita berhenti dulu buat makan + solat.  makan ikan yang kalo kata gue jenis ikan ini baru gue temuin di sulawesi, trus makan sop saudara (ini semacem sop daging sama babat gitu tapi enak) tadinya mau makan coto kuda khas jeneponto, tapi emak udah keburu ilfeel duluan denger namanya akhirnya gak jadi deh.

sampai juga akhirnya di Tanjung Bira, sekitar jam 4 lewat gue nyampe di Bira. nyari penginapan. penginapan di sini give up deh gue ga ada yang sreg. yang bagus bagusnya ga berhadapan sama pantai. sekalinya ada pun amatoa resort harganya Subhanallah banget 2 juta per malem. gue nginep di Bira Beach Hotel harganya 400an kalo ga salah lupa banget. sea view dan ini paling mending bersih dan ber AC diantara resort lain yang harganya 300-500an per malem.
nyampe hotel, solat ashar langsung main ke pantai. pantai tanjung bira ini Subhanallah banget pasirnya bersih dan pantainya bening. sayangnya sih ada pembakaran daun kering dan kios jualan di Pantai itu rada ngerusak pemandangan.
trus kita main banana boat. main banana boat + sewa kapal buat snorkeling itu harganya sekitar 500ribuan itu udah nawar nawar sama tukang sewa nya. dan dari banana boat itu jelas banget keliatan terumbu karang  dan ikan kecil yang cantik cantik saking beningnya, udah kaya taman laut  bener bener baru pertama kali gue ke pantai bersih kaya gini, over excited.
puas main banana boat, gue main di pantai nya berenang berenang kecil gitu lah sambil liat sunset, udah kira kira jam 6 gue balik ke hotel buat cuci cuci, solat.
malemnya jalan jalan aja nyari makan. akhirnya makan di restoran pinggir pantai yang bentuknya kaya perahu tapi gue lupa namanya.sayangnya disekitar sini ga nemu jualan seafood semacam scallop, kepiting, cumi cumi udang gitu. kebanyakan ikan ikanan. makan malam sambil menikmati suara deburan ombak enak banget haha, coba kesininya pagi pagi. soalnya kalo malem pantainya gelap banget. ternyata di bawahnya restoran yang bentuk perahu itu ada jalan tembus ke pantai, pantainya kecil gitu dan gue liat dari atas ada kepiting kepiting kecil nan unyu.
and then abis makan langsung balik ke hotel capek banget trus tidur

09 Februari 2014

bangun bangun langsung siap siap buat snorkeling. sayangnya gue bangunnya agak telat sih jadi kesiangan juga mau jalan jalan pinggir pantai huhu :( karena udah janjian sama orang perahunya jam 7 pagi. pake baju renang udah ga sabar banget nyemplung di air laut. sayangnya emak gue ga berani snorkeling,akhirnya yang muda aja.

naik boat jam set 8 pagi ke pulau kambing kalo ga salah namanya. si perahu berhenti di tengah laut ngelepas kita snorkeling. yaampun ga usah snorkeling aja itu terumbu karang keliatan jelas sama ikan ikannya. dan mungkin karena ini bulan februari masih musim ujan jadinya tu ombak di kambing lumayan gede. gue bener bener ga kuat banget disitu yang lain juga. airnya ga tenang, kita belum terbiasa pake alatnya untuk nafas dari mulut, matanya perih kena air trus emak gue udah muntah muntah juga diatas boat gara2 ombaknya bener bener mengguncang perut banget.ditambah perut kosong pula akhirnya kita naik trus snorkeling di pulau satu lagi gue lupa namanya. disitu airnya jauh lebih tenang
emak trauma kayanya kalo diem diatas boat doang akhirnya emak ke pinggir pantai aja.

airnya di sini jauh lebih tenang dan gue udah terbiasa nafas pake mulut jadinya. bagus banget ih asli kaya taman laut. ikan ikan banyak dan warna warni, terumbu karang belum rusak, dan banyak ubur ubur. itu pertama kalinya gue melihat ubur ubur sepertinya, gue udah takut aja itu nyengat dan gatelnya. tapi Alhamdulillah itu ubur ubur baik meskipun sempet ga sengaja kepegang, kena muka, mulut dsb.
gue berenang dari tengah laut ke pinggir pantai capek banget nyariin ibu yang ga ikut snorkeling, buset ga ketemu. mana jalanan pasir semua kaki gue udah pegel banget ya tuhan that's remind me at ujung genteng when i walked to turtle breeding. sampe gue nanya warga sana liat ibu ibu berjilbab atau engga karena itu pulau penduduk gitu bukan pulau wisata. eh gak taunya doi lagi ngaso ngopi sambil makan indomie. mukanya udah cenghar lagi gara gara udah makan.

abis snorkeling jam 11 balik ke pantai bira, makan indomie disana, kayanya ini indomie paling enak yang pernah gue makan karena gue makannya setelah badan bener bener capek dan sangat lapar, hehe. si kamal aja makan sampe 2 mangkok. abis makan menikmati pantai bira dulu untuk terakhir sebelum ke Makassar. berjemur di atas pasir dan yaampun pasirnya bener bener lembut kaya bedak trus iseng gali pasir sampai dalem paske tangan dan pasirnya dingin. andai aja ayah sama ais ikut juga biar bisa merasakan kebahagiaan gue saat ini.

setelah puas di pantai balik ke hotel trus packing packing ke Makassar. perjalanan pulang sepertinya lebih cepet. dari tanjung Bira jam 13.00 kira kira nyampe Makassar jam 18.45 itu pun udah kepotong makan seafood yang dimasaknya lama nauzubillah adakali itu kita makan 1,5 Jam + Sholat

oiya makan gue ini bener bener enak, ikan semua sih cuma bener bener fresh banget ikannya dan dimasaknya juga enak. jenis ikan apalah namanya gue lupa dagingnya lembut dimasak steam, ada yang dibakar juga. pake tumis kangkung, nasi panas dan es kelapa enak banget nyumm. apalagi seharian cape baru makan indomi doang itu nikmat. gue yakin banget ini ayah suka banget sama ikan ini. doi soalnya nitip minta dibungkusin ikan kalo kita balik ke jakarta.

nyampe Makassar langsung cari hotel akhirnya kita nginep di wisma city inn, wisma kecil di kawasan ruko gitu yang cuma 3 tingkat tapi bersih dan nyaman. tadinya ibu maunya nginep di horizon, tapi berhubung kita udah tinggal di hotel ga terlalu bagus di Bira sekalian aja hotel murah di Makassarnya itung itung irit buat oleh oleh juga.
abis check in, keluar lagi buat berburu kuliner makassar seperti es pisang ijo, es palu butung, pisang epe, bakso nyuknyang,hmm baksonya enak dan alhamdulillah halal karena aslinya nyuknyang itu biasanya pake babi, palu butungnya juga enak. trus jalan dan foto di sekitar pantai losari balik lagi ke hotel dan tidur lelap.

10 Februari 2014

hari Senin, gue badannya sakit semua sampe gue males buat turun sarapan. nunggu suami kaka gue dulu kerja (absen doang padahal) sampe jam 9 pagi. trus abis itu check out dari wisma lalu makan coto gagak (bukan daging burung gagak, tapi semacam coto makassar yang ada di jalan gagak) berburu oleh oleh banyak banget kaya otak otak khas makassar, cemilan cemilan khas makassar, minyak tawon, tas batik makassar dll.

abis itu jalan jalan ke wisata makassar kaya ke fort rotterdam. gue sih males banget kesini. gue gasuka benteng/museum ataupun sejenis itu deh. disitu gue cuma foto foto doang. abis itu ke sholat di masjid terapung, foto di Pantai losari. hiks mengecewakan banget ternyata icon kota Makassar ini ga sebagus yang gue bayangkan kotor banget airnya. pas kemaren malem sih ga keliatan kotornya gelap soalnya, masih lebih bagus Ancol.
abis itu beli durian, kecil tapi enak dan manis, beli es pisang ijo sama bakso nyuknyang buat di bawa ke jakarta abis itu sekitar jam 2 cuss ke Bandara.
pamit pamit sama kamal, makasih udah jadi tour guide dan nyetir kesana kemari hahaha.

nyampe bandara ada insiden sama Lion Air
udah ngantri dari jam set 3 buat check in padahal pesawat jam 4 kurang 5 menit. kok antrian ga maju maju entah ada insiden apa ga maju maju padahal cuma ada 4 orang di depan kita trus pas udah jam 4 pesawat harusnya udah take off. kita dan antrian lainnya dibilang telat ngantri sama front liner nya. marah besar kaka gue Nana sama Sinuk apalagi Nana bentak bentak itu orang Lionnya gara2 bukannya ngoreksi diri malah nyalahin customer. bentaknya serem banget dah serius. ngeselinnya itu si front liner masang tampang 'emang gue pikirin' sambil nyalahin customer ckck. trus pesawat kita dipindah jadi jam 17.40
di pesawat duduknya jadi dipisah pisah gitu deh gue, emak, sinuk, nana yasudahlah yang penting pulang. tapi pesawat lion lebih pewe sih dari citilink sebenernya, bangkunya lebih luas. kalo di citilink gue bener bener ga bisa bergerak.
sampe Jakarta jam 7 malem naik taksi sampe rumah jam set 9 malem. Alhamdulillah

destinasi ke Makassar ini adalah salah satu destinasi paling berkesan selama gue liburan, lebih berkesan dibanding pas berlibur ke bali. sampe rumah aja kita ga berenti bikin ayah ngiri, ngomongin makassar mulu kerjanya sampe niru niru logat orang sana.

foto nyusul ah

next year kembali jelajah indonesia