ramadhan








tiba tiba kepikiran

ramadhan sekarang udah tinggal menghitung hari aja
berapa hari lagi ya? yaaa kalo dihitung dari tanggal 16 Mei ini sih kurang lebih 52 hari lagi
bener gak sih? kalo ga salah 1 ramadhan itu tanggal 8 Juli
sungguh sungguh sungguh ga boong, kangen banget bulan ramadhan

apalagi ramadhan di ma'had alkahfi tercinta :') yaAllah kangen kangen kangen banget
kangen banget nuansa itu. agak sedih juga ramadhan tahun ini gak bersama sama keluarga truf, keluarga besar alkahfi, gak di tempat yang menyenangkan dan menenangkan itu.
ramadhan terakhir di alkahfi itu tahun 2011. kangen banget :') masih terekam jelas di memori saya bagaimana nuansa bulan ramadhan disana tuh.

pas ramadhan 2012 itu gak di alkahfi, tapi masih kebawa sih suasana alkahfinya soalnya kita masih bener bener fresh from the oven banget dari alkahfi. baru banget dilantik menjadi 'alumni alkahfi' ga nyampe sebulan lah. trus pas ramadhan 2012 juga masih ngerasain puasa disitu meskipun cuma 2 hari. trus pada belom masuk kampus masing-masing. eh tapi ada beberapa orang sih termasuk saya yang lagi ospek pas bulan ramadhan itu.

mau cerita dikit kenangan #RamadhanDiAlkahfi dimulai dari bangun saur
biasanya sih anak anak pada males bangun saur, cuma beberapa kamar dan beberapa anak aja yang rajin bangun saur tuh. dan entah kenapa kalo ramadhan makanannya suka lumayan enak dibanding hari biasa. entah karena faktor lapar atau apalah haha dan gue termasuk anak yang suka saur soalnya kalo puasa ga saur tuh kayanya ga afdol aja gitu. dan suka ngembat jatah orang orang yang ga saur.

abis saur suara dari masjid menggelegar nyuruh kita ke masjid buat solat subuh. abis saur biasanya gue ngantuk banget dan langsung tidur lagi hehe. motivasi gue ke masjid subuh subuh pas ramadhan ini gue selalu menanamkan ini di otak gue "ramadhan terakhir sar disini, manfaatin kesempatan baik ini" hiks jadi sedih ngenangnya
nah, ini yang paling gue suka juga dari #RamadhanDiAlkahfi. anak anak pasti berlomba lomba tilawah alqur'an terbanyak selama ramadhan. ya paling engga  selama bulan ramadhan ini minimal bisa khatam satu qur'an tilawahnya. dan ga jadi pemandangan asing lagi buat ngeliat orang yang kalo ke koperasi bawa qur'an, ke kelas bawa qur'an, lagi jam kosong baca qur'an, di tangga asrama baca qur'an. subhanallah ya :")

terus tahfidznya yang tadinya subuh dirubah menjadi abis ashar, dan abis ashar juga jamnya anak anak buat ngantri depan koperasi ato kafilah mart sebelom buka -_- buat beli gorengan ato minuman dingin ato cemilan dsb dan itu biasanya ngantrinya panjang banget udah kaya ngantri sembako. dan gue suka selalu keabisan. abisan anak SMP kalo ngantre getol banget 

naaah, buka puasa deh :') sistem buka puasanya jadi kita udah harus di masjid buat makan ta'jil bareng sama al ma'tsurot bareng sama maghriban bareng. abis sholat maghrib baru deh makan berat. dan yang gue suka dari #RamadhanDiAlkahfi pas buka puasa adalah. kita berdoa bareng bareng dengan sangat khusyu' buat diri kita sendiri dan temen temen kita. selalu ada ucapan gini "eh doain gue dong biar gue blablabla" trus di doain bareng :")

abis itu makan deh! makan sepiring satu kamar! satu kamar itu 6 orang jadi kita makan tumpekblek bareng bareng di satu piring. itu udah jadi kebiasaan kita se-alkahfi. itu dia sih menurut gue faktor yang bikin ngerasa kalo kita ini udah kaya keluarga banget. di ikhwan mah lebih parah lagi. mereka satu baskom buat se-asrama -_-

abis buka tuh perut perut manusia udah pada 'begah'. terus siap siap buat solat tarawih. gue selama di alkahfi ga pernah madol solat tarawih di masjid *bangga* kecuali pernah tuh, ga madol sih tapi izin sakit. gara gara kaki gue keseleo di tangga keramat masjid pas subuh2 -_-. kalo solat fardhu malah sering *parah*

abis tarawih, balik ke kamar terus harusnya sih belajar. biasa deh ngobrol ngobrol ketawa ketiwi dulu dan akhirnya udah keburu makin malem terus tidur

lah belajarnya kapan? :D

kalo di akhwat, kelas 12 nyiapin acara buka bareng khusus sma dengan makanan yang enak enak buat disuguhin ke adik kelas 10&11,ngundang alumni sma, sama guru guru pengajar sma
kalo di ikhwan kelas 10 yang nyiapin acara giniannya.

pasti semua anak anak yang sekolahnya di asrama punya kisah sendiri tentang ramadhan di sekolahnya kan? pasti kangen kan? iyalah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi