Tanah Air Indonesia

"Walaupun banyak negeri kujalani yang mahsyur permai dikata orang, tetapi kampung dan rumahku disanalah ku merasa senang"

Bener sih, *ga banyak ke luar negeri juga sih wkwk* tapi emang tiap lagi ada di negara orang pasti selalu mikir "jarak dari sini ke Indonesia berapa Km ya?" "Orang2 di Indonesia lagi pada apa ya" "wah lagi jauh dari negara sendiri nih" ada terbesit rasa kangen gitu padahal baru ditinggal sehari. Yang paling kerasa pas dulu masih SD, SMP kalo ke luar negeri sama keluarga lumayan lama sekitar 2 minggu lebih (ini lama atau sebentar?) jadi kangen gitu.

Apa kabarnya kalo mahasiswa yang rantau di luar negeri ya? Apa kabarnya kalo gue S2 di luar negeri ya?

Anyway, Dirgahayu Indonesiaku. 72 tahun. 2 tahun lalu upacara di desa Cingambul, Majalengka dalam rangka KKN dan itu upacara terakhir sampai sekarang hihi. Dan satusatunya upacara bendera yang dilakuin selama masa perkuliahan.

Harapannya adalah, di negara ini bukan cuma numpang tinggal doang. Minimal gue kudu ada kontribusi untuk perubahan meskipun sedikit (bukan demo2an ya). Harapannya ga ada lagi perdebatan soal SARA karena masih banyak banget yang harus diurusin di negeri ini. Harapannya penduduknya mengerti arti "toleransi" yang sebenarnya. Harapannya sampah2 yang ada di Indonesia (koruptor ,kriminalitas, perusak moral) hilang dari Indonesia. Harapannya Indonesia punya akses kendaraan umum yang layak, bagus, banyak yang bisa menjangkau ke setiap sudut Indonesia. Harapannya penduduknya pada pake iman, akal, logika, dan hati dalam bertindak.

Kapan sih momen dimana kamu ngerasa cinta sama Indonesia?

Kalau gue, pas gue pergi ke bromo. dari semua tempat di Indonesia yang pernah gue datengin (terjauh sulawesi selatan doang padahal) bromo entah kenapa sih membekas banget. padahal kabupaten2 di sulsel masih tradisionil dan rumah2nya masih kaya rumah adat gitu.

Bromo keren sih, malang keren pokonya. udah mana adem, makanannya juga enyak. Kawasan bromo dari puncak pananjakan keren sih gunung batok, gunung bromo, gunung semeru keliatan dari situ. dingin banget pula. subuh2 solat di puncak, naik jeep, apalagi gw kesana bukan waktu liburan jadi ga padat. Bukit teletubbies sepi banget cm ada gue b3. Pokonya waktu itu gue masih kerasukan sama alamnya bromo sampe udah nyampe rumah. Udah gitu tour guide gue di bromo (lupa Pak siapa dan lupa nemu dimana) baik banget. The best Indonesian tour guide i ever had. Dia ga mata duitan dan ga banyak tipu2 kaya tour guide biasanya, banyak cerita, sabar pula. Pelayanannya memuaskan.

Gue kalo ada kesempatan pengen sih nanjak sampe ranukumbolo (ga berani nanjak gunung sampe puncak). Gue aja baru bromo aja udah excited. Apalagi temen2 kampus gue yang cowo (ada si yang cewe tp dikit bgt), temen SMA gue yang nanjak gunung sampe puncak kebayang deh bahagianya mereka gimana pas sampe puncak. Gue yakin dari lubuk hati mereka makin cinta sama Indonesia. Alamnya itu loch waw.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi