hutang

gue hidup dimana orang yang dihutangin jadi seperti rentenir saat menagih hutang. padahal yang dihutangi sedang butuh. Yang berhutang malah marah balik ke yang dihutangin.

jangan sampe deh hal2 kaya gini malah membuat diri ini menjadi manusia pelit. sumpah jadi males banget kalo lagi hangout sama teman2 terus denger kalimat "pake uang lo dulu ya nanti gue ganti" atau "gue pinjem duit lo dulu sebesar X, gue belum di transfer/ gue belum gajian" dan  nominal X nya lumayan. Gue maklum dah kalo yang berhutang dari keluarga ga mampu, minjem duit untuk bayar uang kuliah, ngasih hadiah ke orang tuanya, beli susu anak, ikhlas deh itu uang pergi. Tapi yang berhutang ini untuk keperluan hura-hura, dari keluarga berada pula. Trus ngapain lu maksa hangout kalo lu ga punya uang :(

giliran diingetin jawabannya "nanti ya gue lagi ada keperluan" "nanti", okelah sabar ngeliat nominal di ATM makin mendekati batas akhir. trus ditagih lagi paling nyesek jawabannya adalah "emang gue pernah ya minjem?" Dengan polosnya dia lupa udah minjem. Kalo 10 ribu 20ribu 50ribu gue gak peduli dia lupa karena gue juga pasti lupa pernah dipinjemin segitu. Lah ini udah nominalnya gede trus lupa. kebayang ga gimana perasaan lo saat itu rasanya pengen tampar yang minjem. Kenapa sih demen menunda bayar hutang padahal masih bisa foya foya.

Emang dikira gue ga punya keperluan, emang dikira kalian doang yang keperluannya banyak. emang kalian kira isi ATM gue banyak (ini gw aamiin deh). Dan ini terjadi tidak pada satu dua orang. Banyak. Hiks pengen nangis emang dikira gue bank berjalan apa. mau diikhlasin rasanya berat. Gue belum berpenghasilan. Nanti pasti gue ikhlasin kalo punya gaji banyak.

Terus pernah ada kejadian sampah, gue minjem 5ribu perak ke orang yang berhutang sama gue sebesar X dan ga bayar2 udah berbulan lamanya. besoknya dia nagih berasa gue minjem 50ribu ke dia "eh lo punya utang kan sar 5rb sama gue jangan lupa ya" depan umum. What the hell is it. Karena rada kesel gue bales gini "lo juga hutang sama gue inget ga pas blabla". lo tau dia bales apa? "yang mana ya gue lupa" "Oh iya please jangan ingetin gue sama hutang itu gue lagi ga ada duit" what? Dia aja ngingetin gue 5rb perak dan gue ga boleh ingetin dia padahal dia barusan makan2 enak + hangout dan dia bilang lagi ga ada duit. Sungguh tak paham lagi.

Padahal ada loh hadist tentang menunda bayar hutang. Googling deh gue males copy paste nya soalnya dari HP ngetiknya.

Ya Allah berilah daku segera rezeki yang halal agar daku bisa mengikhlaskan semua ini supaya tidak ada yang berdosa satu sama lain.

Money is really everything, money can buy us happiness and also can broke friendship (baca deh komik hai miiko jilid baru lupa nomor berapa tentang miiko, yukkko marichan saling berhutang)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi