Milea - Dilan

Akhirnya gue nonton juga Milea, setelah gagal nonton di Bioskop karena ga ada yang mau nemenin gue nonton film Indonesia. I appreciate to Netflix X Indihome wkwk.

Entah kenapa ya gue cukup suka dengan kisah Dilan - Milea ini meskipun dari kisah Dilan 1990, 1991 sampai Milea itu ya ceritanya muter-muter aja. Intinya sama cuma ada cerita dari sudut pandang Dilan dan sudut pandang Milea.

Mungkin gue suka karena latar belakang cerita ini adalah di Bandung. Kalian pasti tau gue sudah pernah menempuh pendidikan disana selama 4,5 tahun. Sebelumnya pun kakak dan ayah juga kuliah di Bandung. Ketika kakak gue kuliah disana gue cukup sering untuk jenguk dia bahkan menginap di kostnya beberapa hari padahal ketika itu gue masih duduk di bangku SMP. Cukup berani kan untuk pergi ke Bandung seorang diri. Dari sebelum kuliah, Bandung cukup meninggalkan banyak kesan tersendiri. Ada kutipan dari Pidi Baiq yang tidak bisa aku tolak, kuakui itu bahkan sampai detik ini. 

"Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis. Lebih jauh dari itu melibatkan perasaan yang bersamaku ketika sunyi"

That's all definitely true guys. Rasakan deh kalian tinggal di Bandung untuk waktu yang cukup lama ya. Bahkan temen gue yang cuma ke Bandung beberapa hari punya kesan tersendiri akan Bandung. Gimana gue yang 4,5 tahun disini? Terlalu banyak perasaan yang terlibat di kota ini.

Dulu awal di Bandung, gue kost di Jalan Mundinglaya. Kost kakak gue dulu pas dia masih di ITB. Sayang banget harusnya setidaknya gue abadikan kost itu dalam foto. Rumahnya itu rumah tua persis kaya rumah-rumah yang ada di film Dilan makanya gue sampe mikir "apa ini syuting deket kost gue?" karena mirip banget rumahnya. Kalo kata temen gue yang pernah main kesana rumahnya kaya rumah belanda horor gitu. Dari lantai 2 tuh keliatan gedung Rektorat ITB dan mobil berlalu lalang di jalan layang pasupati yang dengan memandang itu setiap malam gue merasa nyaman.

Gue cukup akrab dengan beberapa penjaga kost disana dari pemilik kost, pembantu, mamang2, teteh lotek wkwk. KANGEN LOTEK! emang a bit pricey sih untuk ukuran mahasiswa -kere- macam gue. Tapi terjamin kebersihannya uwuw. Ibu kost nya baik banget nenek2 udah tua. Umurnya sama kaya nenek gue kayanya. Dari zaman kakak gue masih kost disana sampai gue yang ngekost dia care banget sama gue dan kakak gue. Dulu orang tua gue tiap ke Bandung selalu beliin dia makanan kaya nenek sendiri aja gitu.

Dan neneknya udah meninggal :( terakhir kesana 2016 nemenin temen gue cari kostan dan ketemu Kang Maman, "Nenek udah meninggal neng beberapa bulan lalu". Makin sedih dan merasa bersalah jadinya. Ga kebayang gue bakal sedih banget sih kalo meninggal saat gue masih kost disana.

Lalu gue agak sedikit menyesal sampai sekarang sih. Merasa berdosa karena gak pamit dari jauh hari pas mau pindah kostan. Abis nenek di dalam kamar terus jadi susah ketemu. Gue baru izin untuk pindah kost itu H-1. Mukanya kecewa sebentar tapi abis itu masih tetep sayang2in gue. Belum kesampaian untuk makan bubur ayam mang oyo bareng, duh merasa berdosa deh pokoknya udah gitu dia sering banget ngasih gue makanan. Dia bilang "ini cuma kamu doang yang dapet jangan ketauan yang lain" wkwk

Dilan itu emang sih sukanya sama cewe cantik doang wkwk, tapi tulus banget ga sih kayanya? Momen yang paling aku menyentuh dari Dilan itu saat Akew meninggal tapi tidak ada satu orangpun yang menghibur dia, bahkan Milea sendiri pun menjauh dari Dilan karena kekhawatiran dan ketakutan akan terlibatnya Dilan dalam geng motor.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi