jelajah indonesia 2- #2

*cerita berikutnya

waktu sudah menunjukan pukul 08.30 setelah dari kawah bromo kami menuju padang savanna yang letaknya masih di dalam wilayah TNBTS. menurutku padang savanna tempat yang tepat untuk memanjakan mata karena hamparan padang hijau dengan bukit bukit hijau di sekelilingnya. bukit ini disebut bukit teletubbies karena mirip dengan bukit hijau yang ada di  kartun teletubbie (masa sih)

masih terngiang di benakku saat aku merebahkan tubuhku sejenak di padang savanna setelah berlelah dari malam tadi sambil memandang bukit hijau, so comfortable. saat menulis ini pun aku masih merasakan nyamannya saat itu. ditambah lagi saat itu tidak ramai orang. hanya aku, kakakku, ibuku, mamang supir dan satu tukang kuda yang berada di situ.

sebenarnya belum puas di sini, tapi perjalanan harus terus berlanjut, awalnya kami berencana ke ranupane, tapi waktu tidak memungkinkan karena dari bromo ke ranupane memakan waktu 2 jam perjalanan dan membutuhkan biaya tambahan yang lumayan. next time kalau Allah mengizinkan saya kembali kesini lagi saya akan ke ranupane lalu lanjut trek ke ranukumbolo (kalau kuat)

kata mamang supir, saat musim panas ada fenomena dimana bukit yang banyak pepohonan itu terbakar karena panasnya matahari dan gesekan daun. kebakaran itu murni karena alam dan  kalau gunung bromo meletus pun tidak pernah ada korban jiwa

waktu semakin siang, saya akhirnya kembali ke malang dengan perjalanan 4 jam lalu membeli oleh oleh khas malang. hari itu penampilan terburuk saya masuk ke toko dengan  muka dekil hitam berpasir, gatal (semacam alergi kalo keringat campur debu), baju bau kuda dan lelah tetapi semua terbayarkan,

see you next time
malam hari kakak saya masuk angin tapi saya memaksa menemani untuk kuliner bakso bakar dan susu murni

esok paginya gantian ibu saya yang sakit, kami melanjutkan perjalanan menuju surabaya. berangkat pukul 9 pagi. surabaya ternyata tidak jauh berbeda dengan jakarta. macet dan panas
saya tidak akan banyak cerita tentang surabaya. saya mengunjungi tunjungan plaza, masjid laksamana ceng ho, membeli oleh oleh, ke museum kapal selam, lalu masjid agung surabaya lalu terakhir kuliner sop kaki.

besoknya kembali ke jakarta gantian saya yang sakit, sebelumnya ke bandara kami ke jembatan suramadu, berfoto sebentar, melihat madura sebentar, membeli bebek sinjay yang terkenal di madura (tapi belinya di surabaya) lalu ke bandara dan pulang ke Jakarta

insya Allah next year kembali jelajah indonesia. mengunjungi sulawesi, nusa tenggara, ambon, ternate, papua, sumatera, kalimantan.

"aku bahagia hidup sejahtera di khatulistiwa, alam berseri seri bunga beraneka mahligai rama rama, bertajuk cahya jingga, surya di cakrawala. selalu berseri alam indah permai di khatulistiwa, persada senyum tawa, hawa sejuk nyaman, wajah pagi rupawan, burung berkicau ria, bermandi embun surga" -GSP