BBM

kata dosen ekonomi sumber daya alam gue, kalo anak feb itu pro dengan kenaikan BBM kalo anak FISIP atau sosial atau diluar FE kontra dengan kenaikan BBM

gue mahasiswi fakultas ekonomi semester 5 sejujurnya termasuk yang kurang suka dengan kenaikan BBM terlebih di negara lain BBM udah turun karena harga minyak dunia turun.
kata dosen gue "we have to think like an economist"

yah memang sih subsidi BBM tidak tepat sasaran, yang menikmati justru orang orang berada, sedangkan subsidi BBM semakin membengkak dan membebani APBN
bagus sih kalo subsidi BBM dialokasiin ke yang lain seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, kesenjangan masyakarat.

gue, sebagai masyarakat golongan menengah. gue masih mahasiswa semester 5 yang biaya idupnya masih ditanggung orang tua dan uang jajan cukup pas pasan ngerasain banget dampaknya :(
makan harganya naik, transportasi umum naik (gue bukan pengguna kendaraan pribadi, dari bayi gue anak transportasi umum emang) , semuaaaa naik
uang jajan? ga naik lah, emang gaji orang tua gue naik? oiya orang tua gue udah pensiun ya dananya otomatis sangat pas pasan

dari dulu BBM naik terus tapi gak mengurangi pengguna kendaraan pribadi, masyarakat pun mikir lah kalo transportasi umum di negara masih gini gini aja juga mending naik mobil pribadi
kalo transportasi umum di Indonesia sebagus di Jepang masyarakat pasti rela banget naik kendaraan umum aja. gausah jauh jauh Jepang deh kaya negara tetangga sebelah malaysia aja
MRT, Rapid KL, monorail. di desain sederhana yang penting bersih dan nyaman. kalo ngeliat transjakarta sekarang aja agak memprihatinkan. paling mending cuma commuter line doang lah
kalo naik sepeda pun juga ga menjamin keselamatannya, jalanan rusak, banyak mobil/motor/angkot jalan sembarangan
'mending beli bensin deh dibanding nyampe tempat kerja dandanan amburadul, lemes di jalan duluan' kata masyarakat mah gitu

gue, kakak kakak gue pengguna transportasi umum. kaka2 gue lebih memilih naik commuter line karena transportasi umum paling mending lah di Jakarta. kalo gue karena tinggal di Bandung lebih sering ngangkot ataupun ngedamri kalo jauh
orang tua gue sih udah berumur ya, mereka kemana mana naik kendaraan pribadi. coba pikir, masa tega orang tua gue udah tua, kalo waktu mereka muda kemana mana ya naik kendaraan umum. kalo diumur sekarang disuruh naik angkot atau bis? oh mana tega gue tidak layak untuk kesehatan mereka. toh kalo kita ke luar negeri kita juga naik kendaraan umum, tentu sangat berbeda keadaannya. layak pakai, bersih, nyaman.

gue bukan menolak kenaikan BBM ataupun pro dengan kenaikan BBM, gue sebagai rakyat kalangan menengah (bukan atas bukan bawah) hanya curhat karena merasakan dampak negatif dan belum merasakan  dampak positif dari kenaikan BBM
toh kalo bener subsidi BBM dialihkan ke yang lebih penting seperti pendidikan kesehatan kesenjangan masyarakat infrastruktur dll nya tolong lah pemerintah bener bener laksanain itu. jangan mencekik rakyat pelan pelan.

-transportasi umum, benerin dulu deh tuh bis bis rusak, kereta di bagusin, monorail jangan cuma tiangnya doang malah nyempitin jalan lanjutin lah pak, angkot kalo emang dirasa salah satu yang bikin macet bikin halte buat angkot biar ga ngasal kalo nurunin penumpang tapi jaraknya jangan jauh jauh ato mau diilangin juga gapapa tapi pikir gimana nasib supir angkot selanjutnya.
-jalanan yang rusak benerin pak, mau sepedahan juga jadi enak.
-pajak kendaraan bermotor naikkin (kecuali transportasi umum tentunya justru kudu di subsidi)

kalo semua udah bagus masyarakat pasti sedikit demi sedikit juga mau kok naik transportasi umum. sesimple itu kok
ga hanya masyarakat yang 'dipaksa' sederhana tapi juga pemerintah yang cepet tanggap, tidak bermewahan dan tidak korupsi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi