Cerita Korea Selatan (Part 1)

Annyeonghaseyo yeorobuns

Thanks god I'm so blessed that I've finished one of my big dream, yang sudah lama banget gue nanti-nantikan dari sejak lulus perkuliahan adalah -> ke korea selatan, daehan mingguk!

Perjalanan ke Korea selatan ini bisa dibilang apa ya, sebuah pembelajaran dan pengalaman yang gak ternilai menurut gue untuk diri gue sendiri. Bagaimana diri gue dihadapi dengan karakteristik orang yang berbeda, bagaimana gue akhirnya tau mana yang bener2 peduli sama kita dan yang pura2 peduli, yang beneran selfish tapi ga sadar kalau dia selfish, sadar kalau di dunia ini masih banyak orang yang baik tanpa mandang suku ras dll, yang rasis beneran, yang jahat beneran, yang pura pura baik, dihadapkan dengan sebuah masalah, dan dihadapkan dalam mengambil keputusan dengan cepat, dihadapkan dengan menahan amarah dan egoisme dari diri gue, dihadapkan dengan harus cepat melupakan hal2 yang ga enak dan gak menyenangkan sehingga perjalanan ini akan berakhir bahagia sampai pada kembali ke Indonesia. dan masih banyak lagi pokoknya pelajaran berharga lainnya.

Darimana ya kira2 gue mulai cerita? Dari awal pembuatan visa korea dulu kali ya karena pembuatan visa korea pun juga punya cerita yang cukup panjang.

Setelah gue pikir kok waktu berasa cepat banget ya? rasanya baru banget kemarin deh gue dan teman-teman gue ini merencanakan bikin visa, bikin itinerary dll. tapi sesungguhnya part yang paling menyenangkan dalam perjalanan ke luar negeri itu ya merancang rencana kegiatannya mulai dari tiket, promo, visa, itinerary, koper, isi koper dll itu hal yang sangat menyenangkan banget buat gue meski untuk beberapa orang itu adalah hal yang ribet.

Oke deh kita mulai dari  cerita Visa Korea.

Ini adalah pengalaman pertama gue dalam proses pembuatan Visa, sebelumnya gue gak pernah mengunjungi negara yang mengharuskan kita apply visa sebelumnya. Eh pernah deng dubai dan saudi arabia tapi itu semua udah diurusin agen gue hanya tinggal duduk manis.

Sebelum memutuskan ke Korea gue udah nemu tiket murah banyak under 6juta dari 3 maskapai yaitu Phillipine Airlines, Cathay Pacific dan Singapore Airlines gue udah sangat menggebu gebu info temen gue tentang tiket murah itu tapi mereka ragu karena belum apply visa dan takut visa ditolak sehingga menyebabkan tiket hangus. Awalnya temen-temen gue ragu dalam pembuatan visa ini karena tabungan mungkin harus ada minimal sekian juta sedangkan saat itu tabungan kami ya hanya pas aja.

Setelah melalui pembicaraan dan diskusi yang cukup panjang pada akhirnya kita putuskan untuk apply visa dulu di Bulan Maret 2023 dengan resiko kita gak dapet tiket yang murah daripada tiket murah harus hangus karena visa ditolak. Oke gue setuju sambil dadah2 ke online fair ticket, akhirnya kita prepare dokumen pembuatan visa

gue gak akan bahas detail pembuatan visa ya karena itu semua lengkap bisa dicek di website KVAC (korean visa application center) http://www.visaforkorea-in.com/

setelah gue ngelist dokumen yang dibutuhkan dan gue share ke group dan gue juga mengurus semua dokumen gue lengkap dari passport, rekening koran, surat kerja, dll akhirnya tibalah hari gue apply Visa tersebut.

di KVAC, lotte shopping avenue mall, gue izin sehari gamasuk untuk proses pembuatan visa ini karena gue ga bisa prediksi berapa lama antrian dan lotte cukup jauh dari kantor gue. Menurut gue apply visa korea ini mudah, asal dokumen lengkap, submit, selesai gak ada interview. prosesnya sampai jadi sekitar seminggu dan hasilnya bisa dicek online juga di website KVAC. di KVAC disediakan tempat untuk print dokumen, fotocopy dan foto background putih berbayar kalau seandainya kita ada dokumen yang lupa dicopy atau diprint.

Abis submit visa, makan siang lalu staycation di Royal Kuningan hotel sambil kita diskusi bareng kira-kira kita bakal kemana aja tempat yang bakal dikunjungin selama nanti di korea. disitu kita baru bikin gambaran kasar aja berapa hari dan kemana aja.

Menurut gue sih untuk visa tourist ini asal dokumen lengkap, tujuan kita ke korea dengan niat baik untuk berlibur sih pasti lolos aja visanya. mungkin tambahan juga kalau bisa sih sebelumnya passport nya ada capnya juga dari negara sebelumnya supaya meyakinkan kedutaan besar korea kalau kita emang ke korea dengan niat berlibur dan tidak menggembel disana.

Visa tourist single entry adalah jenis visa yang kita pilih. sejak saat visa kita approved maka visa kita berlaku selama 90 hari dari sejak tanggal approved. setelah harap2 cemas menunggu hasil visa akhirnya visa korea gue dan teman-teman approved di awal bulan Maret (seminggu setelah submit visa).

----

Setelah approved baru deh kita mulai diskusi berapa hari kita bakal di korea, cari tiket pesawat murah (yang akhirnya kami dapet 6juta pp di traveloka Vietnam Airlines), cari hotel dan mikir kita bakal tidur di hotel mana aja dan bakal ke kota mana aja selama di korea.

Akhirnya setelah melalui diskusi yang panjang kita memutuskan untuk pergi selama 12 hari dari tanggal 11 Mei - 22 Mei 2023

Oke cerita visa gue rasa udah selesai. setelah prepare isi koper, beli baju dan sepatu dan sendal baru, pamit dari kantor dan bestie kantor untuk izin ninggalin pekerjaan selama 12 hari jadi mari kita mulai dari cerita hari pertama berangkat ke Korea :

Day 1 (11 Mei 2023) :

Hari ini adalah hari berangkat, gue mewanti-wanti teman2 gue kalau kita harus tiba di bandara itu maksimal 10.30. karena gue pikir tiba di awal lebih baik biar bisa solat jamak dulu, foto2 dll jadi lebih santai perjalanan kita. karena gue males banget lari-lari ke gate karena mepet secara terminal 3 kan luas banget ya bikin gue jogging di bandara.

setelah take off , tidur, makan dan hahahihi di pesawat tibalah kami di Bandara Tan So Nhat International airport, Vietnam Ho Chi Minh. duh kesan gue sama bandara vietnam itu gak bagus deh. Menurut gue bandara di Indonesia amat sangat jauh lebih baik,

Pas mendarat, kita harus naik bis untuk ke bandaranya karena pesawat turun gak di belalai gajah itu. Trus pas transfer pun harus ngantriii dan melalui checking bag lagi yang mana tempat checking bag nya cuma satu untuk semua flight transfer. Bandaranya kecil banget dan begitu masuk bandaranya pun langsung imigrasi depan mata. Untungnya selama proses antri itu ada ibu2 entah dari pihak maskapai atau bandara itu ngasih snack dan minum ke orang-orang ini juga hal yang baru menurut gue.

Terus toilet menurut gue juga kurang banyak untuk ukuran bandara kecil itu, tempat makan pun gak banyak dan yang paling ga banget adalah harga makanan di bandara vietnam itu sangat mahal dan mereka pakai mata uang USD di bandara. Mungkin karena mata uang VND disana itu sangat jelek kursnya. menurut gue sih burger king di bandara Ho Chi Minh ini malah lebih mahal daripada McD yang gue beli di bandara Dubai.

Kita transit selama +-6jam di Ho Chi Minh, gak ada prayer room yang mengakibatkan kita solat di lorong sepi di bandara. Transit di Ho Chi Minh ini lumayan menyiksa gue karena gue kan sebelumnya mengalami sakit kepala berat selama semingguan yang bikin gue hampir tiap hari minum obat analsik dan obat sakit kepala lainnya. selama transit sakit kepala gue itu kambuh banget dan gue terpaksa minum obat analsik ditambah dosis paracetamol baru lah sakit kepala gue mereda. ditambah dengan suasana bandara yang bikin kepala gue makin sakit.

Akhirnya setelah menanti selama 6 jam barulah kita take off ke Seoul jam 23.50. perjalanan dari Ho Chi Minh ke Seoul itu membutuhkan waktu +- sekitar 5 jam. selamat tidur, Seoul I'm coming!

Day 2 (12 May 2023) :

Tiba juga di Incheon International Airport. Setelah lewat imigrasi kita cari terminal bus untuk naik bus nomor 6001 menuju guesthouse kami di Dongdaemun. tempat tinggal kami tepat depan pemberhentian bus dan tepat depan Dongdaemun Design Plaza. menurut gue lokasi nya amat sangat strategis karena dekat banyak halte dan subway. Sampai di hotel kami disambut dengan host guesthouse tersebut dengan hangat dan ramah. kami belum  boleh check in karena check in jam 2 siang jadi kami titip koper dahulu lalu berhubung itu hari Jum'at jadi kami pergi ke Seoul Islamic Center di Itaewon untuk temen gue solat jumat.

Setelah beli T-Money di GS25, kami naik bus menuju itaewon. ini pertama kalinya gue pake kakaomaps jadi gue agak keder gitu dan akhirnya setelah meraba-raba maps akhirnya kita naik bus dan MRT menuju Itaewon. sampai di Itaewon kita ikutin maps lagi menuju Masjid Itaewon yang ternyata menuju kesana itu jalanannya cukup menanjak. Tibalah kami di Masjid, menuju jam jumatan itu makin ramai banyak orang dari berbagai daerah di Seoul. ramai banget dan gue juga solat zuhur dan ashar jamak disana.

Sambil menunggu jumatan gue dan temen gue mampir di salah satu kafe untuk ngemil roti yang menurut gue rasanya biasa aja tapi mahal wkwk. lalu setelah jumatan dan solat kita memutuskan untuk makan di Itaewon. ada salah satu restoran halal yang antri panjang namanya Eid Restaurant. yang menjual makanan korea dengan label halal. Setelah mengantri dan menunggu lama makanan datang makanlah kami. rasanya lumayan enak

Setelah makan kami memutuskan untuk ke hotel dan istirahat sebentar sampai malam nanti kita keluar lagi untuk ke Myeongdong. gue udah mulai bisa baca kakao maps dan akhirnya tibalah kami di Myeongdong. Myeongdong menurut gue cukup seru dan ramai banget sama lokal ataupun turis. Di Myeongdong inilah uang kami cepat habis karena jajan terus. padahal dari awal gue udah tau kalau jajanan di Myeongdong itu lumayan mahal tapi tetep aja bawaanya mau nyobain ini itu.

Untuk belanja skincare menurut gue sih di Myeongdong lebih murah daripada di Oliveyoung. gue agak menyesal kenapa gue gak belanja skincare puas2in di Myeongdong karena gue akhirnya cuma beli masker untuk oleh2 dan retinol yang harganya lumayan jauh lebih murah daripada di Indonesia.

Setelah puas cicip ini itu di Myeongdong kami memutuskan untuk pulang. Sampai di Dongdaemun kami kaget karena di depan hotel kami itu seperti pasar malam yang ramai banget pengunjung lokal. kami juga menemukan tempat jajan odeng seharga 1000 won pertusuk yang mengingatkan gue pada Gu Jun Pyo di Boys Before Flowers lalu jajan ubi bakar juga. Hal yang amat sangat melokal amat sangat menyenangkan hati gue. Setelah puas makan akhirnya kami balik ke kamar dan tidur