Vacation Singapore Malaysia Part 2

Perdetik ini  ingatan gue tentang Singapore dan Malaysia sedikir pudar. Tapi gue akan mencoba mengingat kembali hal bahagia atau menyebalkan yang gue ingat dalam tulisan ini. Karena mungkin hal menyebalkan itu suatu hari akan dirindukan

Day 2. Singapore

Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan kemarin dan baru tidur nyenyak di atas kasur itu mungkin jam 4 lewat, gue terbangun dalam tidur sekitar jam 6 pagi karena mules banget perut gue. Lalu solat subuh dan gue tidur lagi tapi udah gagal buat tidur lelap.

Lalu gue dan Tyo encana beli Singapore Tourist Pass (STP) dulu untuk keperluan jalan-jalan kita. Jadilah kita memutuskan untuk keluar jam 9 pagi. Dia ngajak ke Fort Canning Park dimana di dalemnya itu ada Fort Canning Tunnel wkwk, karena gue gak ada ide juga mau kemana yaudah deh gue mengiyakan. gue dan Tyo meninggalkan Intan yang tertidur lelap.

Karena beli STP di MRT Lavender itu buka jam 12.00 jadi kita beli kartu Ezlink aja buat naik MRT. Dan turunlah kita di MRT Fort Canning. Pas keluar stasiun ternyata hujan cantik nanggung di luar. Kita jalan mengelilingi Taman Fort Canning tersebut buat nyari spot foto Fort Canning Tunnel yang katanya instagramable dan hits di Singapore. Sayangnya, hari itu jadi kardio pertama gue karena gue harus jalan mengitari si taman itu sekitar hampir 1km, lokasi si tunnel itu lebih deket kalo kita turun di MRT Dolby Ghout. Fort Canning Park ini ternyata luas banget.

Sampe juga akhirnya di Fort Canning Tunnel yang ada di otak gue saat itu "hah ginian doang udah jauh-jauh" dan makin ga semangat karena ngeliat orang ternyata ngantri banget buat foto disitu. Sebagai bukan anak foto estetik gue rasanya pengen banget bilang "anjir udah pergi yuk males banget ah ngantri cuma buat ginian doang" tapi itu semua gue tahan karena melihat si Tyo ini nih semangat banget buat foto disitu. Jadilah gue ikutan tahan lelah untuk mengantri sekitar 30 menitan (?)

"Mampus darah rendah gue mulai kumat nih" dalem hati gue, karena gue tuh ga tahanan sebenernya untuk berdiri diem tanpa gerak gitu secara dari SD gue langganan ke UKS setiap jadi peserta upacara.  mana udaranya pengap karena kita tuh antrinya kaya di lorong gitu jadi sirkulasi oksigen kurang banyak. Akhirnya tibalah giliran kita, gue mana kudu jongkok buat motoin Tyo sampe ga sadar tangan gue tremor megang hp. "Please lu pose buruan jangan banyak mau" itu doang yang ada di otak gue saat itu.

Pas sudah giliran gue, "anjir kenapa ada orang sih di belakang gue" makin bikin gue  gak napsu mikirin pose yang bagus, gue keliatan gembrot gak hasil fotonya. sat set sat set "udahan yuk" akhirnya pergilah kita dari Fort Canning Tunnel. Tapi jujur gue puas sama hasil fotonya meskipun banyak foto yang bocor karena ada orang di belakangnya, emang bagus sih kalo di kamera tapi kalo liat langsung kesana ya menurut gue itu sekedar tangga mengitar aja, kebetulan pohon diatasnya itu yang bikin kesan estetik. Bolehlah ini untuk orang yang suka foto instagramable.

Fort Canning Tunnel

Lalu setelah balik dari sini, kita ke MRT Bugis buat beli STP. Btw STP itu harganya 20SGD dan kita bisa mendapat kembali deposito sebesar 10SGD kalo kita kembaliin kartu tersebut dan bisa dipakai untuk semua transport publik di Singapore (MRT, Bus) lalu kembali ke hotel buat check out dan jemput Intan. Oiya sebelumnya melipir dulu ke supermarket fair price untuk jajan dan beli oldchangkee.

Sedikit intermezzo tentang Old Changkee itu jajanan wajib gue kalo ke Singapore padahal ada juga di Jakarta tapi rasanya jauh. Dan itu makanan memorable banget buat gue kaya flashback zaman dulu, waktu dulu pertama kali ke Singapore sama keluarga gue sekitar tahun 2005/2006 kayanya deh, gue sama abang gue super excited sama si Old Changkee dulu itu jualnya bukan kios bagus kaya sekarang gitu. Streetfood tapi rapi gitu harganya cuma 1SGD. gue sama abang gue bilangnya "beli tusuk tusuk" terus abang gue gak berhenti jajan itu mulu karena gue inget saat itu kan banyak recehan kembalian 1SGD jadi si recehan itu dijajanin mulu sama gue dan abang gue buat beli tusuk tusuk. Trus 2017 ke sini sama temen gue, gue ngajak lagi dia jajan si changkee ini.

Lanjut abis itu sampe hotel, nyemil dan prepare for check out dan pergilah kita dari V Lavender setelah sebelumnya kita titip koper kita di lobby hotel. Gue tenang sih karena liat tempat penitipan koper di hotel ini aman banget. Dan pergilah menuju tujuan kedua. Kampong Glam/Arab dan Haji Lane (tujuan wisata Intan)

Menuju Kampong Glam ini kita turun di MRT Bugis dan jalan sekitar 300 meter untuk menuju Masjid Sultan. Menurut gue sih suasananya gak arab ya, yang bikin suasananya arab itu karena banyak Turkish restaurantnya. Mampirlah kita ke salah satu Turkish Restaurantnya namanya Ayasofya Restaurant. Minumannya rasanya C, makanannya juga B aja, harganya E wkwk. cuma ambience nya aja yang gue suka karena remind me of Turkey. Gue sempet keder sama harga Singapore karena total 45SGD gue bilang murah. Tyo bilang "Sar, ini Singapore dollar loh" pas kaliin ke rupiah anjir baru sadar cuma mesen esteh doang sama Kunafe mini yang kita bagi tiga seporsi total harus bayar 470rb.

Setelah itu kita foto-foto di lokasi estetik dan suasana vintage ala Haji Lane. Sebenernya gue suka sih di Haji Lane ini karena suasananya cukup "luar negeri" ya wkwk secara Singapore kan mukanya banyak mirip-mirip Indonesia jadi gue baru merasa "luar negeri" saat di Haji Lane itu tapi balik lagi ke suasana lokal pas udah mau keluar dari Haji Lane agak kumuh gitu.

Lanjut, ke tujuan ketiga kita yaitu Orchard Road. Turun di MRT Orchard dan vibes nya langsung December vibes karena mereka udah pasang ornamen natal gitu. Orchard hari minggu itu ramenya banget ya ampun. Disini kita ga terlalu lama sih karena cuma beli es krim uncle aja. Trus kita memutuskan langsung ke Merlion Park.

Intermezo lagi tentang Merlion Park, bisa dibilang ini ketiga kalinya gue ke Singapore tapi gue gak pernah sama sekali ke Merlion Park ini. Seinget gue yang pertama karena lagi di renovasi, yang kedua karena gue salah naik MRT jadi kita malah turun di MRT Marina Bay yang bener-bener malah masuk ke hotel Marina Bay. karena ga sempet waktu jadi kita malah ngiterin Garden Bay trus cabut darisitu. Tapi gue malah dua sebelumnya ke Merlion KW yang ada di Sentosa Island.

Merlion Sentosa

2017 Marina Bay dengan angle tidak sesuai espektasi

Dan terima kasih kegagalan di 2017 bisa terwujud di 2022 dengan view foto yang sesuai espektasi, dan kamera yang lebih baik.

tourist singapore mandatory photo

Ke Merlion berasa penantian bertahun-tahun dan gatau kenapa ya gue suka banget sama suasana Merlion Park ini suasana kota modern, beda sama Intan yang udah muak berada disitu wkwk. Gue betah sih berlama-lama disitu untuk sekedar bengong menikmati, ngemil, bergibah, cuci mata dan ngobrol. Kalo dipikir di Merlion ini lama banget dari matahari masih terang benderang sampe udah tenggelem sampe air mancur PHP itu udah ga muncul lagi. Tempat yang tepat untuk mengobrol sambil berbengong. Gue disitu yang lagi asik bicara trus gue ga sadar kalo Intan lagi denger musik sambil nangis anjir wkwk. Ternyata kebahagiaan gue belum tentu kebahagiaan orang lain, kata dia di otak dia saat itu "What am I doin here"

Setelah foto-foto dan makan burgerice, hitung perhutangan selama di Singapore yang ternyata tanpa disadari uang gue kemana? bisa dibilang uang gue lenyap 30SGD tanpa tau kemana perginya dan untuk apa. huh. Setelah itu menanti air mancur Marina Bay yang tidak sesuai dengan espektasi itu sampai jam setengah 10 malem

Sudah deh jam setengah 10 kita pergi dari Merlion kembali ke hotel Lavender buat ambil koper kita dan pesen grab ke golden miles complex buat naik bus ke Kuala Lumpur. Selama perjalanan menuju hotel gue udah komat kamit berdoa agar kita dilancarkan menuju Kuala Lumpur, dan kejadian desak2an di bis kaya orang gajelas itu tidak terjadi.

Tiba di golden mile complex ternyata kita dioper ke gedung sebelah, di gedung sebelah kata counter bus nya udah abis ternyata tiket ke KL. saat itu jam 11 malem dan di gedung sebelah ada counter yang masih buka dan gue liat di internet ada tiket ke KL jam 11 malem "ahelah udah ga sempet" kata gue si anak mudah menyerah wkwk. tapi worst case gue saat itu gue harus kembali ke 5 tahun lalu untuk ke KL lewat MRT Woodlands terus mau nginep lagi juga ga mungkin. Tyo si pantang menyerah dan ambis dia bilang sempet dan coba dulu, yaudah dan untungnya ada hasil. Masih bisa pesen 3 seats ke KL dan pas banget bisnya udah mau berangkat. Tenang dan lega. Perjalanan pulang ini lancar sesuai dengan komat kamit gue. di Imigrasi Singapore ataupun di KL lancar gak ngantri malah cenderung gak ada orang.

Bisnya ga sebagus gue 5 tahun lalu dari Johor sih tapi cukup nyaman untuk melepas lelah selama di Singapore

Goodbye Singapore~ until we meet again