Vacation Singapore Malaysia - Part 1 2022

Hello, gue mau mencoba mengumpulkan ingatan gue kembali sebelum nantinya bakal pudar tentang pengalaman liburan backpacker(?) kedua kalinya ke Singapore dan Malaysia yang sebelumnya pernah gue lakukan pada tahun 2017. Kali ini bisa dibilang gue lebih well-prepared dari tahun 2017 dengan pengalaman yang sudah pernah gue lalui 5 tahun yang lalu. Well, meskipun semua perjalanan kali ini lebih well prepared tetapi tetap saja jika manusia hanya bisa berencana, Allah tetaplah yang menakdirkan jalan hidup kita sama seperti dengan perjalanan gue kali ini. Semua hal yang sudah dirancang dengan matang (ya ga matang2 amat sih) tapi semesta tidak berkata demikian.

Perjalanan 2017 dan 2022 dengan orang yang berbeda tetapi dua-duanya memiliki kesan yang berbeda dan tentunya sama-sama menyenangkan. Bersama orang-orang yang menyenangkan. Perjalanan tahun 2022 ini dimulai pada 26 November 2022 - 30 November 2022. Tepat 4 hari setelah hari kelahiranku. Kalau sebelumnya pada tahun 2017 itu bulan Februari 2017. 2 bulan pertama akhir tahun dan 2 bulan terakhir akhir tahun

Persiapan perjalanan ini menurut gue tidak terlalu merepotkan karena dengan bekal pengalaman sebelumnya gue merasa segalanya mudah. Contoh salah satu persiapan yang lebih baik dari 5 tahun lalu adalah gue udah beli simcard hahaha. Waktu tahun 2017 karena gue ke Singapore pertama kali pas SMP dan cuma ngekor keluarga aja gue gak ada bekal bagaimana Singapore dan browsing pun belum sedalam mencari info tentang internet di Singapore (cuma cari tempat wisata dan MRT aja) dan kebetulan temen gue ini baru ikut acara dari kampusnya gitu ke Singapore tahun 2016nya. Ya jadi gue percaya aja dengan semua info yang dia kasih tau. teman gue bilang "Singapore wifinya ada kok tiap meter di jalan, gausah beli lah hemat. Gue aja gak beli simcard kok" jadi ya gue bener2 gak bermodal internet sama sekali kecuali internet di airport dan di hotel. Dulu menuju hotel aja banyak rintangan sekarang begitu mudah menuju hotel. Di Singapore itu mungkin fasilitas internet lebih banyak dari Indonesia tapi gak tiap meter tuh ada dan aktif ya. Dia yang udah pasti ada dan aktif itu di airport, hotel dan kafe. yang lain kaya tempat umum itu ada tapi gue sering coba gak konek.

Pertama gue mau sharing rencana awal beserta harga tiket pesawat dan hotel yang kami beli.

Awalnya memutuskan untuk ke Kuala Lumpur ini karena ada promo 11.11 flash sale tiket pesawat dari citilink seharga 800.000 PP disaat tiket pesawat ke KL ini seharga 1,5 juta oneway paling murah. Awalnya berencana melepas kestressan di Lombok. Tetapi begitu melihat tiket ke KL ini murah banget jadilah tanpa babibu gue telpon bestie2 gue untuk pergi ke KL, awalnya mau dengan si A tapi si A gak bisa jadilah gue berangkat dengan bestie Turki sebelumnya.

Karena ini butuh sangat gercep gue juga menanyakan dengan tegas "mau gak? kalo mau gue pesen detik ini juga" karena ganti tanggal dikit itu tanggal yang awalnya promo langsung cepet banget berubahnya. Lalu setelah menyamakan tanggal dan oke semua jadilah gue gercep banget beli tiket pesawatnya.

Btw, flash sale citilink ini lumayan sering kok. sebelumnya juga ada flash sale tapi gue gak beli karena emang lagi belum pengen pergi aja. dan itu biasanya ada di tanggal cantik harbolnas dan selama 2 jam dalam sehari aja promonya. Jadi emang butuh internet cepet dan sudah memastikan tanggal kalo enggak harga cepet berubah dalam beberapa menit.

Persiapan lainnya setelah beli tiket pesawat adalah hotel. Hotel di KL sih gue udah milih dan langsung jatuh cinta pas liat di traveloka karena harganya terjangkau dan sesuai untuk kebutuhan kami masing2 semua (kebutuhan gue : ngesot ke MRT, kebutuhan Tyo : sharing 1 kamar bertiga didalemnya ada dua kamar, kebutuhan Intan : ada bathub dan plusnya ada kitchen, mesincuci kaya apartment mewah)

Tadinya pas nemu mau langsung booking tapi gue selalu nunda booking dengan masih nanya "yakin nih mau ini?"karena masih belum pasti dengan itinerary nya. Lalu kami memutuskan meeting untuk  persiapan itinerary dan pertiketan sampe 5 jam selama persiapan yang tadinya mau ke Penang bergantihaluan lah kami ke Singapore. selama meeting tersebut lah gue juga sambil booking hotel dan pesawat tambahan.  :

Tiket Pesawat Citilink PP Jakarta - KL : 800,000 PP

Tiket Pesawat KL - Singapore airasia : 360.000 oneway

Hotel V Lavender Singapore : 3juta/night

Hotel The Face Suites KL : 1,1 juta/night

FYI, hotel di Singapore itu bagi gue dibanding 2017 mahalnya udah gak ada obat! bahkan dorm jelek aja ada yang harganya setara hotel bintang 5 di Bali. Entah demand ke Singapore ini emang tinggi banget atau emang rupiah kita udah anjlok banget atau gue emang miskin? Tapi ini mahalnya mirip sama kaya di Hongkong gatau deh mahalan mana.

Rencana kami :

- Tiba di Soetta jam 09.30 pagi, check in

- kami tidak ada yang membawa koper bagasi karena supaya tidak perlu keluar imigrasi dan langsung ganti gate pesawat

- mendarat di KL jam 14.50 dan terbang ke Singapore jam 16.50 jadi kami tiba di Singapore pukul 18.15 dan bisa malam mingguan di Singapore

- Minggu pagi  strolling around Singapore sampai jam 22.00 dan menuju KL menggunakan bus dari MRT Lavender (depan hotel kita) lalu tiba di KL jam 5 pagi.

Beginilah realita perjalanan kami dimulai :

Day 1 : 26 November 2022

Tiba di Bandara itu pukul 10.15 jauh dari rencana jam 09.30 kita kumpul di Bandara. Karena si Tyo ketinggalan kereta bandara dan Intan yang suuzon gue paling lelet berangkatnya gue jadi ikutan lelet “ah mereka aja belom dateng ngapain gue berangkat buru2” dengan santainya dalem hati wkwk. Tapi karena ibu gue udah mulai cerewet “loh adek kok udah jam segini belum berangkat” yaudah gue pesenlah grab baru berangkat jam 09.40 alhasil jadi sampe bandara super ngepas, selama di jalan gue telfonan sama Intan alhamdulillah dia udah berangkat ternyata.

Tyo yang tadinya ketinggalan kereta bandara tanpa ada info lagi  tiba2 bilang “udah dimana?” Ternyata mereka sudah sampai sebelum aku hahaha. Masuk terminal 3 udah mepet banget boarding dan kita sempet-sempetnya dengan kebodohan kami untuk ngantri di counter checked in domestik. citilink harusnya pasang papan panah gate domestik dan international tuh gede-gede karena biasanya kan yang di terminal 3 gate internasional. untung aja pas check in masih bisa padahal itu udah mepet boarding.

Lalu drama pertama dimulai dengan kaki gue yang udah lecet belakangnya huhu. sepatu baruuu melissa kuu, padahal gue makenya nyaman sih tadinya mau gue pake lagi buat ke korea tapi gajadi deh mending gue beli sepatu yang bahan empuk banget aja meski kaki gue bau.

drama kedua dimulai dengan citilink yang delayed hampir satu jam. berpikir duh mepet banget nih kayanya nanti menuju gate ke singapore

drama ketiga dimulai dengan koper Intan yang pas udah sampe depan pesawat malah ditolak di kabin pesawat. dia bawa koper yang kebesaran buat size kabin jadilah pindah ke bagasi. hancurlah rencana kita di awal yang tinggal langsung pindah gate. Otak berpikir keras jadilah memutuskan untuk biar gue dan Intan aja yang keluar imigrasi lalu kita buru2 lari masuk lagi ke keberangkatan internasional dan masuk imigrasi lagi.

drama keempat takdir berkata lain, Tyo yang harusnya stay untuk tidak keluar imigrasi jadi terpaksa keluar imigrasi juga karena ternyata keberangkatan airasia itu ada di KLIA2 sedangkan kita di KLIA1. menuju KLIA 1 itu harus keluar imigrasi dan bayar lagi untuk kereta bandaranya. jadi intinya kita bertiga harus ditakdirkan keluar imigrasi juga ada atau tidak ada bagasi.

drama kelima adalah kereta bandara ketinggalan cuma jarak 30 detik depan mata. jadilah kita gagal naik pesawat jam 16.50 karena pada saat itu sudah jam 16.45 sedangkan kereta bandara selanjutnya dateng 20 menit lagi :)

jadilah kita memutuskan untuk membeli tiket pesawat ke Singapore pada jam 20.45 dengan harga 2x lipat dari sebelumnya. gagalah bermalammingguan di Singapore

drama keenam : bagasi gue lebih dari 7 kg yang membuat gue berantem sama petugas airasia disana. gue gapapa masuk bagasi tapi lu kenapa dari awal ga menghimbau gue untuk ditimbang? pas gue tanya "is my luggage size okay to cabin?" dia jawab yes. ya salah gue juga sih gue kan nanya size doang ya bukan weight. jadilah gue mengantri lagi buat check in bagasi dan bayar 130 RM setara 450ribuan

drama ketujuh : pesawat menuju singapore itu delay 2 jam. jadi kita ni baru lepas dari KL itu jam 22.40 yaudah lah ini udah tahap pasrah, akhirnya pesawat kami takeoff dan tiba di singapore sekitar jam 23.45 hampir jam 12 malam.

Sampe Singapore kita memutuskan buat balik aja naik grab aja ke hotel bukan naik MRT karena kita mau ke Jewel Changi Airport. kita nunggu dulu bus antar terminal changi menuju terminal 1. Tapi sampai sana Jewel sudah tidak ada air terjunnya. tapi gue bisa ngelihat keindahan si jewel itu sesungguhnya meskipun dalam gelap mungkin karena ada pohon natal yang gede banget. Jadilah pukul 02.00 kita baru pergi dari Jewel naik Grab ke hotel.

Oiya pemesanan grab di Singapore itu mudah banget ternyata. Dulu 2017 gue inget agak ribet pesen grab karena driver gamau ambil nomer asing. Sekarang gampang, bayar bisa pake CC atau cash, cumaaan hati hati ya jangan bikin driver lama nunggu karena di Singapore kena biaya driver nunggu dan itu MAHAL. Untungnya kita mah ga kena ya. Trus menurut gue sih driver di Singapore itu cukup friendly dan helpful ya daripada di KL.

Sampe di Hotel, hotelnya sih menurut gue not worth untuk harga permalam tapi sekali lagi gue udah espektasi secara gue ini lagi di salah satu negara termahal di dunia. Mahal tapi hotelnya tua, dan lorongnya aduh kotor dan bau tapi untuk kamarnya ya oke aja lah buat istirahat. Dan yang gue unggulin dari hotel ini adalah lokasinya yang banyak banget tempat makan, deket supermarket, deket ATM, MRT bus untuk ke KL juga ada. Mungkin suatu hari gue ke Singapore lagi (gatau kapan) gue bisa mempertimbangkan nginep disini lagi kalo ada promo tentunya. Kalo seharga kaya kemaren kayanya mending cari yang lain.

Sampe hotel, cuci muka ganti baju, skincarean dan temen-temen gue masih pengen cari makanan di luar pada jam 3 malem. Emang luar biasa sekali mereka sangat cocok dengan gue untuk hal ini. Jadilah kita jalan keluar dan ternyata Mcd disana gak 24jam lagi, terus kita nemu 7eleven yang jaraknya cuma 200 meter dari hotel jadilah kita snacking in the middle of night, nemu irvins happy. Dan total jajanan gak bermutu kita habis sekitar 35 SGD

Habis itu makan di kamar, tidur deeeeh untuk besok persiapan keliling singapore :)

Day 2-5 lanjut ke part 2 kalau masih punya ingatan dan gak mager