budget to hongkong + macau

akhirnya liburan sudah selesai, nak kembali saya ke kehidupan nyata wkwk. dan akhirnya pula akyu bisa sharing budget dan pengeluaran ke hongkong dan macau ini. what's the happiest moment after holiday for me is sharing what I do and how much I spent money for your reference.

gue pergi tanpa tour and travel ya. dan tidak membeli paket liburan apapun. jadi semua gue beli secara terpisah. emang sedikit ribet tapi ya ribet yang menyenangkan.

dan kalian harus research dulu nih tempat wisata yang mau dikunjungin apa aja jadi bisa menentukan berapa yang harus dibawa dan berapa lama stay disana.

- 1 : Tiket Pesawat (Rp. 3,200,000 PP)
thanks so much for Singapore Airlines Travel Fair X BCA karena aku bisa dapet pesawat bagus include meal, baggage and flight entertainment. dengan harga low cost carrier  harga normal nya itu sekitar 6juta PP

- 2 : Hotel (Rp, 1.098.000/night) x 5night
jangan kaget ya kalau di HK itu semua serba mahal. berhubung gue pergi b3 jadi harus nyari penginapan untuk 3 orang. gabisa kamar 2 orang dimasukin 3 orang mengingat HK cukup strict untuk urusan beginian. tempat gue nginep namanya Innsight  yang gue beli di Traveloka. tapi dapet kamar yang super kecil, dan kamar mandi yang kecil. guesthouse di Indonesia masih jauh lebih baik kalo menurut gue. cuma memang lokasinya super sangat strategis dekat banget dengan MTR Tsim sha tsui, dekat tempat belanja, dekat kowloon islamic center, deket avenue of stars. dan host nya juga baik dan ramah.

kenapa ga beli di airbnb? kalo di HK harga kamar di airbnb itu harganya sama aja kaya hotel2 menurut gue. dan semurah2 nya di airbnb pun kamarnya juga sempit banget yang gaada space untuk solat dan naro koper dan yang luas pun harganya juga masya Allah ya wk. tapi kalo korea gue liat sih airbnb much better than pay hotel via traveloka karena lebih murah dan roomspace nya lebih besar.

(Lupa mau foto kamarnya, liat di traveloka aja ya)

- 3 : Disneyland (Rp. 833,000)
Tiket disneyland ini gue beli via Traveloka yang kebetulan lagi promo attraction international. harga normal traveloka sekitar 900an. disarankan untuk segala tiket-tiket atraksi beli di Indonesia aja daripada on the spot karena lebih murah dan praktis hanya perlu scan QR code aja. alternatif selain beli di Traveloka bisa dibeli via KLOOK




- 4 : Ngongping 360 Crystal Cabin (Rp.423.000),
Cable car adalah salah satu cara menuju ke tian big budha dan ngongping village, bisa juga sih naik bus dan lebih murah tapi wajib di coba untuk naik cable car ini apalagi pake crystal cabin. jadi lantai bawahnya bening gitu. pemandangannya juga bagus untuk ngeliat hongkong dari ketinggian dan waktu untuk menuju kesana sekitar 20 menit jadi lumayan gak rugi untuk naik cable car. worth to try oiya gue beli tiket ini di KLOOK lebih murah dari beli on the spot



- 5 : Victoria Peak Sky terrace 428 (99hkd : kurs 1820)
ini bisa dibilang Iconnya wisata hongkong wkwk, karena kaya ga afdol kalo ga kesini kalo ke hongkong. ini menurut gue dateng siang pagi atau malem itu sama bagusnya. dan gue beli ini on the spot. kenapa ga pake klook? sebenernya kalo jam  jalan kitanya fix mau aja pake klook selain dapet keuntungan fast track dia pun lebih murah juga. jadi kalo beli di klook itu kita harus tau kesana jam berapa karena akan ada tour guide dr klook yang menunggu untuk jalur fast track. jadi kami putusin untuk beli OTS aja. meskipun super antri dan untungnya harganya ga beda jauh bgt sih dari KLOOK tentunya murahan lewat KLOOK



-6. : Ferry PP Macau - HK (Rp. 550,000) gue lupa tp kisaran seginian
 beli ini via KLOOK, ada beberapa alternatif pelabuhan menuju macau dari HK. gue ambil dari HK Island. gue gatau kalo ke macau bisa jalur darat semacam bis atau engga tapi yang jelas kalo mau yang beda dan lebih mahal bisa juga via helicopter biar ala2 incess gitu

(Lupa mau foto ferry nya)

-7 : Bus HK - Airport PP (33 + 33 = 66HKD)
Menuju kota dari airport itu ada 2 cara yang gue tau. bisa naik HKIA Express MTR. tiketnya 110 HKD begitu keluar langsung keliatan tuh pintu masuknya. atau bus yang lebih murah (sekitar 40 menit ke kota) dan busnya on time dan nyaman juga lah. but u must know number of bus will pass near your hotel. dan bus menuju tsim sha tsui tempat gue nginep itu bus A21

(Ga foto busnya juga haha)

-8. MTR (3-20HKD)
ini tergantung jarak jauh dekatnya sih setau gue. dan kalo kita menuju MTR station yang melewati laut itu akan lebih mahal. misal ke disneyland itu bayar 20hkd, dari TST ke HKIsland itu 7-12hkd kalo yang dekat mungkin hanya 3-5hkd

(Ga foto mtr juga)

- 9. Simcard HK-Makau (Rp. 135.000)
kubeli di tokopedia, nama tokonya lupa apa tapi bisa search aja simcard hongkong macau  7 days dia official store kok dan aman 3gb masih sisa sampe mau pulang padahal sering buka Ig

(Ga foto simcard juga)

-10. Octopus Card (Rp.140.000) lupa detilnya
beli di klook juga, tinggal tuker di bandara sudah ada isinya 50HKD

(Ga foto octopus cardnya juga)

-11. Makan (10-145 hkd)
untuk ini aku bakal bikin page sendiri ya

-----------------------------------------------

oke itu kan gambaran-gambaran detailnya ya, jadi kalo aku simpulkan pengeluaran total gue selama 6 hari di HK adalah
1. Pesawat : 3.200.000 PP
2. Hotel : 1.818.000 (6 days)
3. Disneyland : 833,000
4. Ferry, Octopus and Attraction : 1.140.000
5. Simcard : 135.000
6. HKD : 5000.000 (kunuker 5000.000 ke HKD kurs 1820 dan udah abis semua hehe. dan ini mah bisa fleksible ya mau nuker berapa. kebetulan gue belanja agak banyak makanan nya dan masih sisa 300hkd sebenernya tapi kuabisin aja semua di bandara)

total : 12.126.000

untuk mau yang lebih low budget lagi bisa kok kalian press budget untuk hotel (cari yang bener2 low cost dengan konsekuensi menerima segala "kenyamanan" disana), pesawat LCC yang lagi promo (tapi kalo ada pesawat bagus yang lagi promo lebih baik kan gaperlu mikirin kelebihan bagasi), dan uang untuk makan dan belanja agak dikurangi wkwk. menurut gue semua total pengeluaran gue bisa banget dipress sampai dibawah 10jt sih.

gue agak berlebih dikit sih bawanya karena kalau kurang gue males narik atm disana dan gue ga bisa predict harga disana semahal atau semurah apa. miskin di negara orang kan agak repot ya. selain itu gue kurang cocok untuk berpergian yang backpacker2 banget gitu. at least kamar tidur gue harus nyaman tapi gak yang high class juga .karena gue liburan adalah cari kenyamanan bukan cari kerepotan.

Sisa uang terakhir kami bertiga detik2 menjelang boarding, langsung dihabiskan di untuk jajan di airport


Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi