Traveling ikut tour travel atau jalan sendiri? #Opini

google : ilustrasi foto traveling stockphoto

mau traveling kira-kira ikut tour package dari agen travel atau jalan sendiri aja ya? Murahan mana? Kalo pendapat gue sih itu semua kembali kepada kepribadian Traveler ya. Suka jalan2 low budget? High budget? Orangnya suka diatur? Orangnya maunya terima jadi beres aja? Atau freedom? Atau.. atau

Sebelum bahas budget2an gue mau cerita dulu gimana rasanya kalo ikut paket tur dan tanpa tour.

Sebenernya juga ada beberapa jenis paket tour travel sih yang gue tau ya sepengetahuan otak gue aja sih. Ada paket tour yang private, semi private dan tidak private wkwk.
1. Private Tour =  itu kita bisa pilih mau destinasi kemana, berapa hari tinggal request ke travel agentnya saya mau kesini, kesitu ke tempat-tempat tidak mainstream, tiket diurusin tour agent cuma ya itu pastinya gak murah ya bahkan mungkin kadang lebih mahal dari berangkat sendiri karena kita harus bayar tour guide dll nya kan.
2. Semi-Private = itu destinasi udah jelas mau kemana, jam tanggal, udah ditentuin dan dengan kapasitas sekian orang (biasanya ini cukup terbatas kuotanya paling 10an org ya) tiket kadang udah termasuk di tour agent dan kadang juga harus cari sendiri dengan tanggal yg sesuai aturan tp boleh juga minta tolong agent tour nya.
3. Tidak Private =  Lalu terakhir yang gak private, wkwk gue gatau sih bahasa bagusnya apa. ini open trip gitu sih biasanya. Hotel dll udh termasuk semua tentunya dengan penginapan yang low budget biasanya sih max hotel bintang 3, atau pun wisma atau losmen gitu. Tiket biasanya juga cari sendiri. Dan ini berangkatnya biasanya lebih dr 20 orang lumayan lah bisa kenalan sama orang baru.

kalo ikut tour agent untuk orang yang gamau mikirin lagi mau kemana, pokonya saya bayar dan terima beres. ini bisa jadi pilihan sih. biasanya tempat wisata yang dikunjungin sama tour itu tempat-tempat mainstream yang biasa dikunjungi turis-turis. dan enaknya juga sih sudah termasuk akomodasi dalam negeri ya jadi kita gausah mikirin transportasi umum kesini kesitunya gimana. selain itu untungnya juga kita bisa ke beberapa tempat wisata meskipun tour nya hanya singkat 4 hari (4 hari mah biasanya luar negeri sih) karena tour leadernya kan sudah mengatur jadwal kita jam segini sudah berangkat, jam segini sudah harus selesai dan pindah ke tempat X.

kalo gak ikut tour agent? Ya, kita pikirin sendiri dari tiket, itinerary, hotel, makan ampe balik pulang lagi. memang ribet sih tapi justru saya lebih suka seperti ini hehe. karena gue orangnya excited untuk travelling ke suatu tempat pasti gue kepoin dulu tempat yang mau gue kunjungin disana apa, makanan khas, apa yang terkenal disana, apa yang bagus disana. ngecek harga tiket pesawat bolak balik supaya dapet harga yang murah, hotel yang murah tapi fasilitas oke dan strategis dan kadang setelah gue total semua pengeluaran gue suka lebih murah dari travel agent jauh bahkan sudah include oleh-oleh. hehe. semua itu tergantung pada tiket pesawat yang kita dapet sih. gue pernah dapet tiket pesawat Jakarta-Singapur, KL - JKT PP (rute nya emang gitu) hanya 700ribu PP loh! pulangnya naik KLM lagi.memang lagi lucky banget sih, itupun gue tadinya bisa dapet 550pp karena telat beli tiket aja. gimana caranya? rajin-rajin lah nengok website maskapai tersebut atau cari via skyscanner karena waktu itu saya dapet via website airasia dan bolak balik liat skyscanner mana situs yang menjual tiket KL-Jakarta paling murah dan garibet dan akhirnya mendarat ke traveloka (kok jadi kaya endorse gue wkwkwk).

dan gue bukan tipe orang yang terburu2 jalan-jalan. misal kita lagi di tempat X kita ga bisa buru2 pergi dari tempat X itu kan kalo emang tempatnya bagus. harus menikmati setiap detiknya lah wkwk. Nah kalo tempatnya ga enak tinggal cepat2 pindah aja kan. gausah harus nunggu rombongan lain. mau makan juga kita bisa hunting tempat makan yang mau kita tuju, foodstreet? restaurant? tergantung budget kamu gimana. cuma ya memang harus banyak mikir kalau tanpa tour agent karena semua kita cari sendiri dari A-Z, kalo kebetulan tempat makannya ga sesuai selera ya namanya juga pengalaman travelling kan :) , dan kita bisa naik transportasi umum tersebut puas terserah mau kemana mau ngapain sampai jam berapa berasa warga lokal. tapi siapin kaki dan tenaga yang kuat ya karena kaki kita bakal bekerja dari pagi sampai malam. kecuali kamu punya budget lebih untuk naik taksi. lalu kita siapin google translate atau latihan dari rumah bahasa-bahasa sederhana untuk belanja2 karena kadang tempat yang dikunjungi gak semuanya bisa bahasa inggris.

"Ah ribet ya, tapi maunya kita bebas mau kemana aja tapi ada yang bantu ngurusin kita"mau kita yang ngatur semua destinasi mau kemana tapi ada yang ngedampingin kita mau kesini kesitu?  Private Tour bisa jadi pilihan. atau ada setauku tapi kurang paham juga bisa ditanya ke yang ahli travelling ya karena ini based on my experience aja. ada juga sih yang kita hanya sewa tour guide aja tapi hotel, tiket, destinasi kita yang request. mungkin ya sudah include akomodasi dalam negeri kayanya kalau yang kaya gitu (seperti sewa mobil + supir)

kalo ikut package tour saya belum pernah sih untuk liburan, pernahnya ketika umrah aja. dan itu memang saya hanya tinggal terima beres fokus ibadah. semua dari bawain koper, makan, tidur, visa, pesawat dll sudah diatur tour agent.

Happy Traveling :) Saya juga udah lama ga jalan-jalan karena kelamaan di kantor ga punya cuti :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi