Umrah

Alhamdulillah wa syukurillah akhirnya gue tahun ini bisa berangkat umrah berdua bareng ayah. Yang titip doa insya Allah udah di doakan semoga dikabulkan Allah diberi yang terbaik.

Jadi berangkat umrah ini rada drama gitu, tadinya gue pake promo first travel dan udah bayar dari bulan agustus 2016 dijanjiin berangkat Mei 2017. Karena sampai Maret gak ada kejelasan dan bahkan dari pihak FT gak ngaku kalo mereka pernah janjiin berangkatin Mei (ngeselin ga) dan mereka bilang ga bisa pastiin berangkatnya kapan. (Gue udah lelah sih ngomongin FT ini) karena gue udah yakin ga beres nih travel. Dan NRA lagi promo juga meski lebih mahal dengan fasilitas *4 madinah dan *5makkah. Yaudah akhirnya pergi pake travel NRA dan Alhamdulillah bayar 5 April berangkat 18 April (secepat itu).

Berangkat pagi buta dari rumah, nyampe jeddah jam 2 siang (di indonesia jam 6. Perbedaan waktu 4 jam) trus ngantri imigrasi yang super lama (alhamdulillah pas pulang sebentar) trus lanjut ke madinah nyampe madinah pagi buta. 

1 hari perjalanan (jakarta - jeddah), 3 hari di Madinah, 4 hari di Mekkah, 1 hari perjalanan pulang (jeddah - jakarta) 

Sebenernya super banyak banget sih kisah suka dan duka selama disini. Duka nya mah gak seberapa sih dibandingkan dengan nikmatnya beribadah di tanah suci. gue pikir gue bakal kesepian karena gue kan cuma ber2 ayah doang (disini cewe cowo pasti bakal jarang bareng apalagi kamar gw sama ayah beda) ternyata gue ketemu sama seumuran gue juga dan mba2 yg masih berjiwa muda juga.

yang jelas separuh hati dan jiwa gue masih ketinggalan di kota mekkah :") pokonya gue seneng banget di mekkah. Selain hotelnya enak, gue suka banget suasana di mekkah dimana hampir semua orang punya fokus 1 tujuan yang sama yaitu ibadah. bisa kenalan sama ibu2 dari warga negara timur tengah lain (sudan, mesir, algeria dan turkey) next time kalau gue balik kesana lagi untuk ibadah gue mau kesana sama laki gue.

Trus ada percakapan 2 negara yang ga nyambung tapi tetep maksa ngobrol.

Jadi gue lagi tilawah lalu ibu2 sebelah gue berkebangsaan Algeria tiba2 meluk2 gue trus nyium2 pipi gue.

Ibu Algeria (IA) : ^#^#^€=÷*,#(!¥¥€%/# *ngomong apa gue ga paham*
Gue : madam sorry i dont understand your language
IA : ¥×9*÷&÷&_#&÷÷€€#^#,#(#()#(#; *masi lanjut ngoceh*
Gue : *senyum2 muka bingung* sorry ana lam afham *sok ngarab*
Anaknya Ibu Algeria (AIA) : my mom said that she love indonesian people, really kind like you (gara2 gue ngasih space tempat solat meski sempit karena penuh ke ibu2 entah dari negara mana). my mom helped by indonesian when she hajj a long time ago 1988.
Gue : *ngerti* ooh, thank you. I love algerian too stay healthy for your mom. *trus biar akrab gue peluk ibu2 itu dan akhirnya kita peluk2an* karena orang timur tengah itu suka pelukan.

Dan percakapan lebih ga nyambung sama ibu2 turki:

Gue lagi tilawah juga, pas udah tilawah ibu2 itu nunjuk2 alquran gue sambil ngoomong bahasa yang gue ga ngerti. Kata temen gue namanya angie "suruh bacain kali" trus yaudah gue bacain. Abis itu..

Ibu Turki : ¥÷¥€=&=€$€$^$&(#(@¥
Gue : Sorry i dont understand, can you speak english?
IT : (÷¥¥÷*÷&^#_÷€&÷€÷€÷€÷&
IT 2 : ¥÷£=&&=&=&=€=*=((= *jadi ibu2nya banyak ada 5 mungkin dan mereka pake bahasa isyarat pun gw ga ngerti*
Gue : Sorry madam i dont speak turkish.
Angie : *ngetik di google translate ke bahasa turki ngasih ke ibu2nya* saya tidak paham
Ibu Turki Muda: bales pake google translate, dia memberikan anda hadiah

Trus si ibu turkinya ngasih jilbab ke kita ber2 trus mereka masih ngoceh2 dengan bahasa yang gue ga ngerti trus kita pake deh jilbabnya eh mereka ber5 tepuk tangan gitu wkwk. Yaudah deh lagi2 berakhir dengan pelukan "Thank you madam"





Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi