vacation - Singapore Malaysia part 2

duh udah selang berapa hari dari gue nulis yang part 1. banyak yang lupa-lupa kayanya maafkan ._.v

day 3: Kuala Lumpur (KLCC, Batu Caves, Dataran Merdeka)

jadi gue tiba di KL (Terminal bersepadu selatan) sekitar jam 5 pagi, subuh di KL itu jam 6 jadi kita bersih2 dulu (tanpa mandi, kita anak bersih kan?) dari kemarin abis seharian jalan di singapore. gosok gigi, cuci muka, buang hajat, ganti baju, wudhu. terus solat terus kontak temen kita di KL (Ages), doi minta kita ketemuan di KLCC aja. okelah kebetulan itinerary yang kita buat emang mau ke KLCC jadi pas. trus sarapan di terminal (murah tapi ga begitu enak sih tampilannya aja menarik) baru deh sekitar jam 9 cus ke KLCC

Tiket MRT di singapore bentuknya kertas gt kan, di Indonesia pun tiket commuter line kartu gitu kan. gue sama Jannah sempet ngakak sendiri pas beli tiket komuter nya. yang keluar di mesinnya koin warna biru di tempat uang kembalian koin gitu. trus gue bilang "dih apaan nih Jan kok yang keluar ginian" gak taunya itu tiket komuternya :v

di KLCC gue janjian di supermarket ISETAN. itu supermarket jepang gitu mirip kaya Aeon. trus gue tergoda dengan harga murah di sana (dibilang murah sih masih murahan aeon tapi karena sebelumnya abis dari singapore mungkin semua yanga ada di KL terlihat murah) udah deh gue belanja sushi disana.

ketemu Ages trus foto-foto tourist typical di petronas tower trus beli simcard Maxis buat internet karena KL gak banyak spot wifi gratis kecuali di hotel. trus Ages ngajak lunch di Boat Noodles (dan baru akan masuk ke Indonesia nanti). trus ages nemenin sampe ke hotel buat check in dan doi pamit ada karena ada acara gitu di kampusnya. gue sama Jannah solat, tidur dulu 1 jam karena capek banget kaki sakit. dan sorenya ke Batu caves

di Batu caves kita kenalan sama 3 orang backpacker dari Indonesia kayak gue sama Jannah, trus foto2, trus balik ke KL Sentral trus naik bus Go KL ke Dataran merdeka. ternyata Dataran merdekanya lagi under maintenance gitu jadi ga ada buat foto-foto. trus balik deh ke hotel sambil nyari makan.

ternyata malaysia tempat hiburan kaya bukit bintang pun kalau udah jam 10 malem tutup. banyak banget yang tutup akhirnya kita nemu satu kafe yang buka gitu Old town white coffee. kafe sejenis bangi kopitiam gitu lah di Indonesia ada kok. yaudin deh pesen nasi lemak

- Sarapan di terminal:  7,5 RM (nasi goreng, ayam, mie kaya kwitiaw gitu)
- komuter KLCC : pokoknya komuter/monorail disini harganya sekitar 2-3,5 RM gue lupa berapa
- Sushi Isetan + yeoso soy milk : 13,5 RM
- Simcard : 10 RM (ada pulsa 5 RM + bonus internet 300 Mb dan harga internet 1gb 3RM)
- boat noodles + green tea thai tea : lupa deh, sekitar 17 RM
- komuter pp batu caves : 5 RM
- monorail dataran merdeka : 2RM
- dinner: 19 RM
- air 1 lter : 2 RM

Total: +- 78,4 RM . kalikan aja 3000.

day 4: Kuala Lumpur - Genting

disini rada ngenes sih, jadi gue sama Jannah bangun kesiangan gitu cause we were too weak and tired. jadi kita baru caw sekitar jam set 12 siang trus makan siang di food court KL Sentral sambil jalan-jalan sekitar situ nyari coklat karena kita nunggu bis ke Genting sekitar jam set 4.

ke genting berapa jam ya lupa, 1 jam lah kira2. naik cable car buat mencapai puncak genting yang ada banyak permainannya gitu. di genting foto-foto terus ngemil terus naik kereta kaya bocah gitu. sebenernya kalau kita punya banyak waktu sih kita beli tiket terusan buat main seluruh permainan disitu harganya 34 RM kalo gak salah. jauh lebih murah dibanding bayar di setiap permainan. trus hunting coklat (gak beli) sampai gak terasa udah jam 9 malem. bis kita jam 9 seharusnya tapiiii ternyata malaysia juga mengenal jam karet nih kayanya yang jelas gue dari genting ke KL itu baru otw hampir jam set 11. gue sih bukan takut karena pulang malam tapi takur ga kebagian monorail ke bukit bintang.

bener aja nyampe KL Sentral jam set 12 malem daaan gerbang menuju monorail terakhir pas ditutup ketika kita abis beli tiket. bingung pulang naik apa bis ga ada juga akhirnya naik grab. dan dapet grab dengan nomor indonesia itu lama banget untung aja ada driver yang mau ambil. jadi kalau mau pesen grab di malaysia registrasi ulang ke simcard malaysia sebaiknya.

makan siang rapel pagi : 13 RM
coklat checkers: 2.3 RM (harganya 4,6 RM bagi dua)
air botol : 2 RM
bus go genting pp: 10 RM
cable skyway pp : 8 RM
ngemil di genting : 10 RM
kereta bocah   :  9,5 RM
grab : 5 RM
Total :59,8 RM

day 5 : back to Indonesia

bangun pagi, sarapan, ke berjaya times square jannah nyari case hp tapi gak nemu, ke ISETAN beli oleh-oleh coklat, trus ke KL Sentral beli mi laksa, naik bus ke KLIA1 pulang ke tanah air beta pusaka abadi nan jaya.
bye bye holiday!

KL Sentral, KLCC, KL Sentral : 7 RM
old chang kee : 8 RM
sushi : 12 RM
coklat : 2 dark beryls (17 RM), 2 milk chocolate beryls (17 RM), 6 camior (20 RM), 4 chocolate beans (10 RM) , 2 Alfredo (17 RM)
mie laksa dan minum: 15 RM
bus KLIA : 10 RM

total: 124 RM

total per total : 35 + 3 + 78,4 + 59,8 + 124 = 300,2 RM* kaliin aja 3000 kira2 tergantung kurs lo pas nuker duit berapa sih.

*NB: sebenernya lo bisa jalan-jalanjauh lebih murah dari ini dengan catatan ga usah beli oleh-oleh dan makannya di tempat yang kaki lima gitu (ala-ala backpackers) tapi sayangnya gue mungkin karena terlalu lelah dan waktunya kurang banyak untuk jalan dan keliling nyari tempat makan yang murah. rekomendasi orang-orang sih katanya makanan enak dan murah itu di daerah chinatown, jalan Alor gitu.
karena menurut gue malaysia termasuk negara yang enak buat belanja karena banyak yang murah dan bagus2. dan istirahatlah dengan cukup, jangan terlalu all out sampe akhirnya terlalu lelah karena nanti kecapean pas tidur bablas dan bangun kesiangan kaya gue. rada rugi waktu sih gue di hari ke empat, padahal gue bisa jelajah tempat lain sebelum ke genting.