vacation - Singapore Malaysia part 1

Assalamualaikum..

kali ini gue mau nge-share perjalanan berdua gue sama Jannah. berawal dari Jannah bilang "backpacker yuk ke luar negeri refreshing" ini masa -masa sebelum gue sidang skripsi "ayuk banget Jan.. singapore aja deh yang deket biar ga wacana"

nah disini gue cuma mau nge share itinerary perjalanan gue dan cost yang dikeluarkan selama perjalanan gue selama 5 hari. (rada lupa-lupa inget sih harga2nya)

Pesawat :
Jakarta -  Singapore:  Rp. 280.000 (via Air Asia)
Kuala Lumpur - Jakarta: Rp. 475.000 (via KLM)

sebenernya bisa aja sih dapet tiket balik ke Jakarta yang lebih murah asal rajin-rajin liat traveloka, skyscanner dsb atau web resmi maskapai tersebut kaya webnya Air asia, Lion air, atau Malindo air. soalnya gue baru beli tiket balik ke Jakarta di detik keberangkatan.

Tadinya gue sempet liat di traveloka harga Malindo Air sekitar 370an, tapi gue masih nunda2 beli tiket pulang karena masih berharap ada yang lebih murah lagi (secara gue berangkat bisa dapet 280rb wkwk)
tapi sebenernya tiket pesawat KLM segitu udah murah sih secara itu pesawat bagus anaknya Air France ada entertainment in flight, makan dan bagasi

Hotel:
Singapore : Mitra Inn (1 night) : Rp. 125.000/night per orang (gue rada lupa harganya tapi segituan dah. jadi di traveloka gw mesennya mixed dorm, trus nyampe sana minta pindah ke female dorm tapi dikasihnya tetep mixed dorm sih tapi yang ngga ada guest lainnya jadi cuma gue berdua Jannah aja). Inget hotel di singapur itu mahal, dan ini kamarnya tipenya dorm gitu 1 kamar untuk berempat. Tapi ini dormnya nyaman dan bersih banget yang penting itu pointnya.

Malaysia :  Hotel Sempurna (2 nights): Rp.172.000-an /room untuk 2 guests (kamarnya kecil banget sih untuk solat aja susah banget tapi hotelnya bersih dan kamar mandinya bersih) daerah bukit bintang. Agak lumayan sih untuk jalan ke stasiun monorail bukit bintang ataupun stasiun Imbi kira2 700meter

FYI: kalo hotel mending booking dari Indonesia, karena kalo langsung di tempat lebih mahal. contoh mitra Inn, harga perorang sekitar 32-35$ (kaliin aja 9500) kecuali emang kalian suka jalan2 spontan.

day 1: Singapore (Changi - Musthafa Center)
berangkat jam 14.30 by Air Asia nyampe bandara Changi sekitar jam 5 waktu singapore. trus foto-foto di Changi *kelamaan foto sih* dan sempet agak linglung di MRT.

jadi jalur MRT yang seharusnya adalah.
Changi Airport -Bugis -Little India -  Farrer Park . jadi 2 kali ganti kereta

dan yang terjadi (karena salah paham baca jalur MRT)
Changi Airport - balik lagi ke Changi Airport - Tanah Merah - Simei - Bugis - Little India - Farrer Park (nahloh)

dan begitu tiba di Farrer Park (station MRT kita) mau ke hotel kita yang ada di Serangoon Road. Sudah malam dan kita buta arah karena ga ada GPS. bermodalkan peta screenshoot di Bandara membuat kita kaya orang nyasar tengah malem. dan sumpah deh Allah kaya ngirim kita malaikat gitu. ada 3 warga singapore 2 cowok 1 cewek abis pulang kerja naik mobil dan kasian ngeliat kita bawa2 koper dan nyasar. Mereka berbaik hati nganterin kita ke hotel (mbak Rini halo! terima kasih) ceweknya berjilbab gitu, gue pikir mereka malaysian ternyata singapurian. makasih pokonya mas mba! Tanpa kalian kita tidak tau nasib kita bagaimana saat itu.

Begitu sampai di depan hotel, gue rada culture shock ternyata daerah penginapan gue ini super banyak india! dan emang sebelahan sama little india juga sih. gue takut banget sampe nangis hikss sampe Jannah ngomelin gue~ ga lama kok nangisnya cuma 5 menit aja wkwkwk dan karena kemaleman pun kita gagal liat air mancur warna warni di Marina Bay. kita jalan-jalan ke Mustafa Center buka 24 jam (penuh indian dan arabian) dan gue jadi mulai terbiasa sama indian. Nemu restoran halal yaudah makan dan terus menelusuri Musthafa Center sampe jam 12 malem lewat.

Ongkos MRT : lupa! tapi MRT sekali jalan itu gak lebih dari 3$. hari pertama paling sekitar 2$
Makan: Nasi ala ala india gitu deh porsinya banyak banget satu porsi sekitar 14$ disarankan cari yang lebih murah karena ini gue fokus nyari yang halal dan udah mepet banget malem kelaperan (ini porsi banyak banget sih dan gue berdua makannya jadi satu orang sekitar 7$)
Aqua 1 liter : 3$ di 7eleven (di Singapur merk lain ada yang murah,  gue lupa merk apa tapi gak ada di 7eleven) dan kalo di Singapore biasanya banyak keran air minum yang bisa diminum langsung jadi mending bawa botol minum kemana2 biar hemat.

TOTAL : 11$

day 2: Singapore (Sentosa Island, Orchard Road, Marina Bay)

Jam 9 kita breakfast (roti alakadar, pisang, teh kopi), check out dan untungnya bisa titip koper di hotel jadi bisa explore tanpa geret2 koper ransel. lalu langaung cabs ke Sentosa. ya biasa deh keliling2 foto2 di Universal Studio Singapore, Merlion park, naik skyway cable gitu (so banget padahal takut ketinggian), naik bis go sentosa gratisan. Keliling sampe kaki pegel baru pergi

Orchard: hunting old chang kee, foto-foto. gak ada yang special di Orchard terutama untuk yang bawa uang sedikit kaya gue (budget gue hanya untuk culinary), pegel banget keliling ujung orchard bolak balik kaya Sa'i

Marina Bay: terpegel sih ini jadi kita salah turun dari stasiun MRT yang mengakibatkan jalan jauh daru stasiun ke Marina bay. nyari-nyari merlion park yang ada air mancur di mulut ternyata lagi under maintenance jadi ga bisa difoto, nyari spot foto ke marina bay yang biasa orang2 pada foto bagus hasilnya malah ga bagus dan ga sesuai espektasi.

Atas realita bawah espektasi ngambil foto

btw tersedih sebenarnya adalah gue ke singapore udah 2x dan gak pernah kesampaian foto di merlion park yang ada air mancurnya! Selalu foto di merlion park sentosa.

balik ke hotel ambil barang lalu mempersiapkan kaki ini untuk jalan kembali menuju Kuala Lumpur. Naik MRT barengan orang2 pulang kerja dan kita bawa koper itu sesuatu banget. Untung ga belanja macem2 disana.

Rute dari Singapore ke KL adalah ke station Kranji (Singapore) untuk lanjut naik bus menuju terminal Larkin (Johor Bahru) dan lanjut lagi naik bus ke Kuala Lumpur

Dari kranji menuju larkin ini ya Allah sekitar 2 jam dan kaki kita udah pegeeeel gak karuan rasanya minta diamputasi banget ditambah kita ga duduk karena bus padat, apalagi kayanya gue udah mulai kapalan kebanyakan jalan. jaraknya dekat sebenarnya tapi lama banget dan macet menuju ke imigrasinya. mana ada dua kali imigrasi.

Akhirnya setelah masuk imigrasi Malaysia naik bus menuju Terminal Larkin. beli tiket bus ke Kuala Lumpur untung ada bus yang malam. Bus nya tingkat, enak sih semacam executive bus, luas bisa selonjoran kaki dan tidur nyenyak. gue sampe Johor mungkin sekitar jam 12 malem. dan harus menunggu penumpang bus penuh baru bisa berangkat. jadi gue berangkat sekitar jam 2 malam dari Johor dan sampe Kuala Lumpur sekitar jam 5 pagi

FYI naik bus dari Johor ke KL katanya sih jauh lebih cepat dibanding naik kereta. karena kereta harus turun lagi di stasiun apa gitu. Padahal jaman dulu keretanya langsung ke KL dan sleeper train jadi asik untuk tidur.

- MRT: mungkin seharian ini uang untuk MRT abis 8$
- Tiket masuk sentosa: GRATIS! kalo lo masuknya jalan kaki dari vivo city mall dan cuma sampe 31 Dec 2017. Banyak cara menuju sentosa dan yang paling mahal naik cable car lupa harganya berapa (dulu pertama kali ke singapore ke sentosa naik cable car dan lebih asik sih)
- Tiket naik skywalk cable : 11 $
- Jajan old chang kee: 6 $ (promo 5$ dapet 4 pieces dari jam 2pm - 5 pm)
- makan Pho di orchard paragon mall : 12 $ (worth it asli enak, halal pula!)
- beli air seliter: 2$
- bus ke terminal larkin: 2,4$

Total : 41.4$ + 11 $ = 52.4 $ yaa kurang lebih deh ya mungkin kalo gue salah salah hitung gue abis sekitar 55$ di singapore

Tiket bus ke KL : 35 RM
Air mineral 1 ltr : 3 RM

*foto menyusul ini juga sebelum lupa nulisnya*