cpns 2018

ini ketiga kalinya gue ikutan cpns 2018 dan hasilnya. jengjeng gue gak lulus tahapan SKD ini. padahal dua kali sebelumnya gue lolos SKD terus.

1. Kemenkumham : ini pertama kalinya lowongan cpns dibuka dari sejak gue lulus kuliah. gue lolos passing grade disini dengan total skor 300an berapa gitu gue lupa. karena saking banyaknya yang daftar sampe puluh ribuan dan yang keterima untuk formasi analisi keimigrasian wanita itu gak sebanyak formasi pria jadi gue gak lolos di ranking

2. Kemendag : kedua kalinya dan lolos sampai tahap wawancara akhir. it means gue gak lolos di sesi wawancara. dari total 11 orang yang diterima gue peringkat 17 (kalo ga salah inget) dan penilaiannya cukup transparan karena kita dikasih liat score dari SKD, Psikotes sampai wawancara. karena saat itu gue belom ada pengalaman kerja jadi mungkin pas wawancara gue gak sebagus pelamar lain meskipun gue udah berusaha semaksimal mungkin.karena gue inget banget nilai psikotes gue termasuk tinggi diantara pelamar sekitar 90sekian dari 100. dan nilai wawancara gue cuma 80an dan yang lain banyak yang 90an

3. PUPR = nah ini cpns 2018 paling absurd. gue sempet baca di berita online banyak yang ga lulus sampe gue mikir "lha sesusah apa SKD tahun ini?" mengingat 2 kali tes SKD kemarin lolos terus. dan kebanyakan yang bikin gak lolos soal TKP. sebenernya gue dari awal ikut cpns kadang mikir ngapain ada soal TKP karena kan tiap kepribadian orang beda2. karena tes kepribadian paling valid ya cuma tes psikotes yang diadain sama lembaga psikotes kaya PPM misal. kalo kata temen2 gue ngerjain TKP tinggal cari jawaban yang paling berhati malaikat atau manusia setengah dewa wkwk.

nah pas gue liat di tribun ada yang ngasih salah satu contoh soal TKP yang dianggap absurd klik disini

gue nyoba jawab ternyata jawaban gue beda dengan jawaban yang dianggap terbaik versi pembuat soal. padahal gue udah nyari jawaban yang menurut gue paling malaikat dan paling bijak. gue berusaha ngikuti pola yang kira2 jadi jawabannya ternyata jawabannya emang se-random itu. ternyata tidak hanya saya yang bernasib tidak lulus TKP padahal TIU dan TWK udah lebih dari batas aman.

terus gue liat katanya pemerintah mau mengkaji ulang passing grade. jujur aja kalo menurut gue passing grade segitu nggak tinggi. gak rendah juga tapi bolehlah jadi standar untuk memilih kualitas cpns. hanya saja soal TKP tahun ini saja yang menurut gue absurd. kalo kata beberapa teman gue soalnya emang gak masuk akal dan hanya keajaiban dan lucky aja yang lolos TKP. karena untuk jadi standar mengukur kepribadian orang juga gak bisa, jadi penentu apa kita bisa bedain mana salah mana bener juga ga bisa.

kalo menurut gue pemerintah kalopun mau mengkaji ulang ya kaji ulanglah faktor utama penyebab banyaknya ketidaklulusan cpns yaitu TKP ga paham juga sih maksud dan tujuan pembuat soal mengenai standar pembuatan soal TKP gimana sudah diriset ulang atau belum. kalau TIU dan TWK menurut gue udah soal wajar semua sih dan bolehlah itu jadi standar penentu kualitas cpns.

yaudahlah sekian~ gue juga udah ikhlas ga lolos SKD meskipun konyol aja karena score TKP nya kurang memenuhi. TKP gitu loh wkwkwk aneh aja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi