Rindu Mekkah

Gue seneng banget kalo ngeliat update-an orang yang lagi pada di Arab saudi apalagi di mekkah. Nostalgic banget. Kangen banget kesana lagi seriusan.

Udah seminggu dan gue masih kebayang2 sama jalan dari hotel ke masjidil haram, suasana di pelataran masjid, di dalam masjid, depan ka'bah, orang2 dari penjuru negeri pada dateng ada yang sama suami, sendiri atau sama anak-anaknya yang masih imut2. Tiap azan toko tutup dan sejam sebelum azan orang2 udah pada rame berbondong ke masjid. Ke masjid pas azan rasanya udah telat banget karena pasti udah ga kebagian tempat di dalem (paling banter deket pintu masuk atau di lower ground floor yang ruangannya dingin kaya es itu). Pokonya makkah the best city in the world lah.

Rutinitas gue disana cuma ibadah ibadah ibadah dan belanja hehe. Akhirat wa duniya. bangun jam 03.30 bergegas ke masjid untuk QL dan subuh. abis subuh jam 05.45 ke hotel tidur sampe jam 8 trus sarapan trus ke masjid dhuha dan tilawah nunggu zuhur. Abis zuhur balik ke hotel makan siang leyeh2 bentar (atau nggak jalan2 ke royal clock tower) gak terasa udah mau ashar. Ashar ke masjid lagi, abis ashar kadang thawaf kadang belanja, magrib - isya di masjid trus pulang ke hotel makan malem trus tidur. Gitu aja terus sampe pagi lagi.

Rasanya jarak waktu solat ke waktu solat berikutnya tuh bentar bgt deh, di masjid misal azan zuhur jam 12.30 selesai solat itu jam 13.30 trus makan siang kira2 selesai jam 14.15. Nah asar tuh jam 15.30 sedangkan harus di masjid minimal setengah jam sebelumnya. Sempit kan waktunya? Jadi waktu istirahat siang bisa dibilang ya nggak ada. Paling pagi 2 jam sama tidur malam. Isya pun selesai jam 21.30 trus makan dan baru istirahat kira2 jam 22.30 jadi istirahat malam cuma 4 jam.

Pokonya disana memang lelah dengan cuacanya yang mencapai 42 derajat dan jarak hotel ke masjid yang lumayan tapi seriusan lelahnya tuh nikmat banget. Lelah untuk beribadah.

Makanya gue seneng aja ngeliat update temen gue atau siapa kek yang lagi pada umrah. Ngeliat suasana2nya bikin kangen. Sebenernya update di socmed juga ga bermaksud riya sih bisa aja menyenangkan hati orang yang rindu tanah haram atau sarana untuk "nitip doa", asal bukan nitip oleh2 aja :p. List titipan doa gue banyak banget ternyata dan Alhamdulillah udah didoakan semuanya semoga terkabul dan diberi yang terbaik. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Kick Through the Roof

sakit gigi cabut gigi